100+ Soal Fisika Ujian Sekolah Kelas XII (12) dan Kunci Jawabannya

  • Share

100+ Soal Fisika Ujian Sekolah Kelas XII (12) dan Kunci Jawabannya – Pada artikel ini akan membahas soal ujian sekolah fisika dan kunci jawabannya. Soal-soal yang admin berikan pada pembahasan kali ini juga sudah disesuaikan dengan kurikulum 2013.

Soal Geografi Ujian Sekolah Kelas XII (12) dan Kunci Jawabannya

Admin juga berharap dengan apa yang dibagikan kali ini yang berupa soal-soal ujian sekolah (US) dapat menjadi sarana pembelajaran bagi pendidik dan para siswa. Apalagi sebentar lagi di setiap sekolah jenjang SMA/MA akan mengadakan penilaian atau ujian sekolah.

Ujian Sekolah atau disingkat US merupakan aktivitas atau bisa dikatakan suatu cara yang dilakukan oleh tenaga pendidik yang dalam hal ini adalah guru untuk mengukur sejauh mana pencapaian kompetensi peserta didik/siswa dalam kaitannya mengikuti pembelajaran.

Diera teknologi seperti sekarang banyak sekolah sudah menyelenggarakan Ujian Sekolah atau US dengan menggunakan bantuan teknologi. Seperti yang paling simple misalnya dapat menggunakan Google Form atau yang lebih kompleks seperti menggunakan CBT (Computer Based Test).

Sehingga dalam pelaksanaannya Ujian Sekolah (US) termasuk mata pelajaran Fisika juga bisa menggunakan bantuan teknologi. Itu berarti ujian ini bisa dikatakan sebagai USBK atau Ujian Sekolah Berbasis Komputer.

Untuk itu pada kesempatan berikut admin akan membagikan soal-soal ujian sekolah Fisika untuk kelas XII (12) disertai dengan kunci jawabannya.

Contoh Soal Fisika Ujian Sekolah Kelas XII

S:1) Seorang petani ingin menjual rambutan dan durian hasil dari kebunnya, petani tersebut membawanya dengan cara memikul menggunakan tongkat AB homogen. Panjang dari tongkat AB tersebut adalah 2 m. Hasil panen rambutan diletakkan pada ujung A yang memilikiberat 100 N sedangkan hasil panen durian diletakkan pada ujung B dengan berat 400 N. Analisislah bahu petani itu harus diletakkan pada jarak berapa dari ujung tongkat, jika tongkat AB seimbang.

A:) 0,75 m dari B

B:) 1 m dari B

C:) 1,5 m dari A

D:) 1,6 m dariA

E:) 1,6 m dariB

JAWAB: D

S:2) Perbandingan   dengan   adalah 1 : 2, berarti energy kinetik rata-rata molekul gas menjadi dua kali lipat dari pada semula. Kecepatan efektif molekul-molekul gas oksigen (Mr = 32 g/mol) pada suhu 320K akan sama dengan kecepatan efektif molekul-molekul gas hidrogen (Mr= 2 g/mol) pada suhu…

A:) 20 K

B:) 40 K

C:) 80 K

D:) 160 K

E:) 640 K

JAWAB: A

S:3) Winiari melihat dua gabus pada permukaan air laut yang terpisah satu sama lain sejauh 900 cm. Kedua gabus tersebut turun naik bersama di permukaan air dengan frekuensi 2 getaran per detik. Apabila gabus pertama berada pada puncak gelombang dan gabus kedua berada pada lembah gelombang, serta antara gabus pertama dengan gabus kedua terdapat satu puncak dan satu lembah. Berdasarkan kasus tersebut, analisislah berapa cepatrambatgelombang pada permukaan air laut!

A:)  4 m/s

B:) 4,5 m/s

C:) 12 m/s

D:) 12,5 m/s

E:) 18 m/s

JAWAB: C

S:4) Pada tali yang panjangnya 4 m dan ujungnya terikat pada tiang ditimbulkan gelombang stasioner. Letak perut yang keempat dihitung dari ujung terikat, jika terbentuk 10 gelombang penuh.

A:) 0,10 m

B:) 0,30 m

C:) 0,50 m

D:) 0,70 m

E:) 1,00 m

JAWAB: D

S:5) Pada percobaan Young, jika jarak antara dua celahnya dijadikan dua kali semula, jarak antara dua garis gelap yang berurutan menjadi…

A:) 1/4 kali semula

B:) 1/2 kali semula

C:) 2 kali semula

D:) 4 kali semula

E:) tidak berubah

JAWAB: B

S:6) Rista ingin pergi ke Bandung untuk menemui sahabatnya. Perjalanan Jakarta – Bandung Rista tempuh menggunakan kereta api A. Pada saat Rista di dalam kereta api A yang masih berhenti, sebuah kereta api lain bergerak mendekati A dengan kecepatan 2 m/s sambal membunyikan peluit dengan frekuensi 676 Hz. Bila cepat rambat bunyi di udara adalah 340 m/s. Analisislah frekuensi peluit kereta api lain yang didengar oleh Rista.

A:) 640 Hz

B:) 656 Hz

C:) 676 Hz

D:) 680 Hz

E:) 686 Hz

JAWAB: D

S:7) Sebuah mikroskop memiliki focus objektif 1 cm dan okuler 15 cm digunakan untuk melihat benda renik dengan pengamatan mata tanpa akomodasi, ternyata jarak kedua lensa 27 cm. Kemudian pengamatan dilakukan dengan mata berakomodasi maksimum   maka jarak kedua lensa adalah…

A:) 11 cm

B:) 16 cm

C:) 21 cm

D:) 23 cm

E:) 25 cm

JAWAB: C

S:8) Suatu bak berbentuk silinder penampangnya cukup luas berisi air setinggi 185 cm. Pada ketinggian 105 cm dari dasar bak terdapat lubang kebocoran yang sempit. Aalisislah kecepatan pancaran air yang keluar dari lubang kebocoran.

A:) 8 m/s

B:) 5 m/s

C:) 4 m/s

D:) 3 m/s

E:) 2 m/s

JAWAB: C

S:9) 200 gram air bersuhu   dituang kedalam cangkir gelas yang massanya 300 gram bersuhu   . Bila keseimbangan termal telah tercapai dan tidak ada aliran kalor, hitunglah suhu keseimbangan. (kalor jenis gelas – 0,2 kal/gr °C )

A:)  39 °C

B:)  49 °C

C:)  59 °C

D:)  69 °C

E:)  79 °C

JAWAB: E

S:10) Karbondioksida merupakan salah satu gas yang menyebabkan lapisan ozon menipis. Selain itu, karbondioksida juga menyebabkan efek rumah kaca jika kadarnya di atmosfer meningkat dan menyebabkan peningkatan suhu bumi yang disebut pemanasan global. Sudah diketahui, bahwa banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan oleh peristiwa pemanasan global. Salah satu dampak negative pemanasan global adalah mencairnya es yang berada di bagian kutub bumi. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk menanggulangi efek rumah tersebut. Pilihlah upaya yang paling tepat untuk menanggulangi hal tersebut.

A:) Membuka lahan pertanian baru

B:) Pembakaran hutan

C:) penebangan hutan

D:) penghijauan

E:) penggunaan freon

JAWAB: D

S:11) Sejak dimulai nyarevolusi industri, negara-negara di dunia semakin berlomba-lomba dalam mendirikan pabrik. Sebanding dengan hal tersebut, semakin pesat pula perkembangan industri dunia. Hal ini menimbulkan dampak positif dan dampak negatif, dampak positif nyaman usia menjadi lebih terbantu dalam menjalankan kesehariannya sedangkan dampak negatifnya adalah rusaknya lapisan ozon di stratosfer. Hal ini disebabkan karena meningkatnya gas-gas yang dapat merusak lapisan ozon itus endiri. Pilihlah gas yang dimaksud dalam kasus tersebut.

A:) hidrokarbon

B:) karbonasi

C:) belerang dioksida

D:) fluorin

E:) klorofluorokarbon

JAWAB:
E

S:12) Berikut langkah-langkah dalam melakukan penelitian.

1. Menarik kesimpulan

2. Membuat hipotesis

3. Melakukan observasi

4. Merumuskan masalah

5. Menganalisis data

6. Melakukan eksperimen

7. Mengumpulkan data

Susunlah langkah-langkah yang tepat dalam metode ilmiah!

A:) 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 1

B:) 3 – 4 – 7 – 2 – 6 – 5 – 1

C:) 4 – 5 – 6 – 2 – 7 – 3 – 1

D:) 3 – 4 – 5 – 2 – 7 – 6 – 1

E:) 4 – 5 – 6 – 2 – 3 – 7 – 1

JAWAB: B

S:13) Sebuah benda bermassa 2 kg mula-mula bergerak dengan kecepatan 72 km/jam. Setelah bergerak sejauh 400 m, kecepatan benda menjadi 144 km/jam. Tentukan usaha total yang dilakukan benda pada saat itu.

A:) 20 J

B:) 60 J

C:) 1.200 J

D:) 2.000 J

E:) 2.400 J

JAWAB: C

S:14) Andre berdiri di atas timbangan badan dalam sebuah lift. Sebelum lift bergerak, timbangan menunjukkan angka 60 kg. Ketika lit bergerak keatas, timbangan menunjukkan angka 66 kg. Anggap percepatan gravitasi sebesar 10  , berapa besar percepatan yang dibutuhkan lift untuk dapat naik?

A:) 6

B:) 4

C:) 3

D:) 2

E:) 1

JAWAB: E

S:15) Dua buah satelit dari planet Yupiter memiliki jari-jari yang sama, tetapi massanya berbanding 3 : 2. Berapakah perbandingan percepatan gravitasi pada permukaan kedua satelit tersebut.

A:) 2 : 3

B:) 6 : 1

C:) 3 : 2

D:) 9 : 4

E:) 4 : 9

JAWAB: C

S:16) Sebuah ketel listrik dihubungkan ke baterai 12 Volt. Jika elemen pemanas memiliki hambatan    dalam 12 Ohm. Energi kalor yang dihasilkan selama 10 menit adalah …

         A:) 1.800 J

         B:) 3.600 J

         C:) 7.200 J

         D:) 14.400 J

         E:) 21.600 J

JAWAB: B

S:17) Pada sebuah lampu pijar bertuliskan 40W, 220 Volt. Apabila lampu tersebut dipasang pada tegangan 110 Volt. Daya lampu adalah :

       A:) 10 watt

B:) 20 watt

C:) 40 watt

D:) 80 watt

E:) 160 watt

JAWAB: A

S:18) Dua buah muatan identik berjarak r satu dengan yang lainnya, berada diudara mengalami gaya Coulomb sebesar F, jika muatan pertama dijadikan 2 X semula kedua dan jaraknya dijauhkan menjadi 2r, maka gaya coulomb antar kedua muatan menjadi…

A:) 6 F

B:) 4 F

C:) 2 F

D:) 1 F

E:) 0,5 F

JAWAB: E

S:19) Suatu transformator dihubungkan dengan sumber tegangan AC 110 Volt. Arus yang mengalir dalam kumparan primer 3 A. Akibat panas dan faktor lain,trafo kehilangan daya 130W. Jika arus yang mengalir dalam kumparan sekunder 2 A. Maka tegangan sekundernya adalah :

A:) 80 V

B:) 90 V

C:) 100 V

D:) 110 V

E:) 120 V

JAWAB: C

S:20) Kelompok warna cahaya berikut yang panjang gelombangnya makin kecil secara berurutan adalah :

A:) Biru – hijau – kuning – merah

B:) Biru – kuning – hijau – merah

C:) Merah – biru – hijau – kuning

D:) Merah – hijau – kuning – biru

E:) Merah – kuning – hjau – biru

JAWAB: E

Itu tadi 20 contoh soal ujian sekolah mata pelajaran fisika Kelas XII sesuai dengan kurikulum 2013 dan dilengkapi dengan kunci jawabannya. Bagi anda yang ingin mempelajari lebih banyak soal Fisika sebagai persiapan menghadapi penilaian akhir semester ataupun bahasan untuk membuat soal untuk tenaga pendidik silakan unduh pada tautan dibawah ini.

Link Download Soal Ujian Sekolah Fisika Kelas XII

Bagi anda yang membutuhkan soal-soal tambahan silakan unduh dengan menekan tombol download dibawah ini, tapi sebelum lanjut jika anda baru pertama kali mengunduh file disitus ini alangkah bijaknya jika anda membaca cara download terlebih dahulu supaya tidak mengalami kendala saat proses downloadnya. Silakan baca Soal Sosiologi Ujian Sekolah Kelas XII (12) dan Kunci Jawabannya

  • Share