Cara Praktis Dan Jitu Budidaya Ikan Cupang Yang Menghasilkan Jutaan

Budidaya ikan cupang? – cara praktis budidaya ikan cupang ini sangatlah mudah dipelihara oleh setiap orang. Ikan cupang ini mampu dilakukan sebagai perjuangan rumahan, budidaya ikan cupang ini tidak membutuhkan daerah yang luas serta modalpun dapat dijangkau.

Sedikit Tentang Ikan Cupang

Dalam bahasa kerennya, ikan cupang (betta sp) yaitu ikan air tawar yang hidup si sub tropis.Ikan ini hudup berkelompok di alam bebas. Banyak ditemukan diperairan Asia Tenggara termasuk dinegara kita ini Indonesia. Biasanya habitatnya ada diberbagai daerah, seperti rawa-rawa, danau, sungai dan air yang arusnya damai.

kelebihan dan keistiewaan ikan cupang ini adalah bisa beradaptasi dengan situasi yang ada, dan kebal akan lingkungan sekitar kita. Contohnya mampu bertahan di plastik, toples, wadah aquarium galon serta mampu kita pelihara pada adah yang kecil tanpa menggunakan aerator. Ikan ini mempunyai rongga labirin seperti manusia yang berfungsi dapat hidup dan bertahan dilingkungan yang kurang akan oksigen.

Beberapa Jenis Ikan Cupang

Dari berbagai sumber pecinta dan penghobi ikan hias, jenis ikan cupang ini terdiri dari cupang hias dan ikan cupang aduan. Tentu sahabat sudah bisa membedakan antara kedua jenis ikan cupang tersebut.

Perbedaan fundamental pada kedua jenis ikan cupang tersebut terletak pada sifat agresifitasnya.

Menurut para pecinta dan para penelitian tentang jikan cupang ini, lebih dari 73 spesies erada tersebar dibelahan bumi ini.

Akan tetapi tidak semua dari jumlah tersebut dapat dijadikan ikan cupang hias. Beda speisies sudah beda fungsinya.

Memilih Indukan Ikan Cupang

Semua pecinta dan penghoby ikan cupang saat ingin membudidaya dan pemijahan ikan cupang terlebih dahulu menentukan indukan ikan cupang. Itu sebagai langkah awal sebelum memulai.

Dari indukan tersebut, sobat dapat memilih dan mencari indukan ikan cupang yang berkualitas, baik, tidak cacat, berkondisi bugar, serta pilih ikan cupang dari keturunan terbaik atau unggul.

Perbedaan Ikan Jantan dan Ikan Cupang Betina

Jantan : Tubuhnya lebih besar, warnanya cerah, sirip dan ekor mengembang, serta gerakannya lincah.

Betina : Memiliki badan kecil, warnanya kusam, sirip dan ekor lebih pendek, gerakannya lebih lamban alias damai.

Sekaligus pilih indukan ikan cupang dan betina yang sudah gonad atau sudah sipa untuk diperkenalkan dan dikawinkan. Selanjutnya langkah pemijahan.

Berikut beberapa ciri-ciri atau tanda-tanda indukan ikan cupang yang sudah siap untuk kawin.

Tanda Ikan Cupang Jantan :
1. Bentuk tubuh panjang
2. Telah berumur setidaknya 4-8 bulan
3. Gerakannya kasar dan lincah
4. Serta bagian sirip panjang dan warnanya jelas dan sangat menarik

Tanta Ikan Cupang Betina :
1. Bentuk tubuh pendek atau membulat, bagian perutnya sedikit buncit
2. Telah berumur setidaknya 3-4 bulan
3. Mempunyai gerakan lambat atau santai

Perkawinan atau Pemijahan Ikan Cupang

Beberapa langkah untuk Pemijahan Ikan cupang adalah sebagai berikut :
sediakan tempat atau wadahnya, dan ambil yang berukuran 20×3 cm.

Siapkan juga gelas plastik untuk indukan ikan cupang betina Dan sediakan tanaman air seprti kayambang atau eceng gondok yang kecil Berdasarkan pengalamn dan penelitian para penghoby ikan cupang hias maupun ternak, bebrapa perbandingannya ketika perkawinan dilakukan dan  berhasil secara tepat, mampu keluar kira-kira sebagai berikut :

1 kali perkawinan dapat menghasilkan kurang lebih 1000 butir telur, Dalam waktu 24 jam telur tersebut akan menetas sesudah pembuahan, tingkat akhir hayat juga ckup tinggi, Yang anehnya, dalam satu kali periode perkawinan 50-100 ekor saja yang hidup.

Dalam waktu selang 2-3 ahad biasanya indukan ikan cupang jantan kuat dikawinkan hingga 8 kali. Untuk indukan ikan cupang betina biasanya cukup satu kali saja, tergantung pengalaman penghoby dan pengamat sh.

Jika sahabat ingin mencari bibit anakan ikan cupang betina, lakukanlah perkawinan selanjutnya pada indukan ikan cupang yang sama. Rata-rata terjadi mirip itu.
Simak Ulasan Pemijahan ikan Cupang Berikut :

  1. Usahakan teman dalam hal ini pakailah air sumur atau sungai yang jernih, endapkan sedikitnya selama semalam, 10-15 cm tinggi air pada wadah tadi. Sobat bisa sediakan flora air yang secukupnya saja yang berpotensi untuk mengambil oksigen.
  2. Sobat mampu masukkan ikan cupang jantan dan ikan cupang betina yang sudah siap pemijahan tersebut.
  3. Penjelasan ( Masukkan ikan cupang jantan yang telah siap kawin. Biarkan ikan tersebut selama satu hari dalam wadah. Ikan cupang jantan akan menciptakan gelembung-gelembung udara.
  4. Gunanya untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi. Untuk memancing si jantan membuat gelembung, masukkan ikan cupang betina tetapi dipisah. Caranya, ikan betina dimasukkan dalam gelas plastik bening (bekas gelas akua) dan benamkan ke dalam aquarium dimana ikan jantan berada).
  5. Setelah indukan jantan membuat gelembung, masukkan indukan betina. Waktu pemijahan ikan cupang biasanya terjadi sekitar pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif ketika kawin, sebaiknya tutup wadah dengan koran atau letakkan di ruang yang terhindar dari hilir pulang kampung orang dan suara bising.
  6. Setelah terjadi pembuahan angkat segera indukan betina, alasannya adalah yang bertanggung jawab membesarkan dan menjaga burayak adalah cupang jantan. Dengan mulutnya si jantan akan memunguti telur yang telah dibuahi dan meletakkannya pada gelembung-gelembung tadi. Apabila indukan betina tidak diangkat, maka telur-telur yang telah dibuahi akan dimakan si betina.
  7. Setelah kurang lebih satu hari telur-telur tersebut akan menjadi burayak. Selama 3 hari kedepan burayak tidak perlu diberi pakan sebab masih ada nutrisi yang terbawa dalam telur. Ikan cupang jantan juga akan berpuasa selama menjaga burayak.
  8. Setelah tiga hari terhitung semenjak telur menetas, berikan kutu air (moina atau daphnia). Pemberian pakan jangan lebih banyak dari burayak sebab pakan akan mengotori air dan menyebabkan kematian pada burayak.
  9. Indukan jantan gres diambil setelah burayak berumur 2 ahad terhitung semenjak menetas. Pindahkan burayak tersebut pada wadah yang lebih besar dan berikan kutu air yang lebih besar atau larva nyamuk.
  10. Setelah 1,5 bulan, ikan sudah bisa dipilah berdasarkan jenis kelaminnya. Kemudian pisahkan ikan-ikan tersebut ke wadah pembesaran.

Makanan Ikan Cupang

Untuk pakan ikan cupang terdiri dari 2 pori : alami dan pelet (pabrik)
• Alami : cacing sutra, dan larva nyamuk, kutu air.
• Pelet : Bisa teman dapatkan ditoko terdekat.

Untuk syistem ngasih makan, jikalau sobat pengen ikan cupang tersebut cepat tumbuh, maka sahabat bisa ngasih makan 3-4 kali sehari. Akan tetapi lebih baiknya sedikit-sedikit dikasih makan tetapi sering, dari pada sekaligus akan tetapi kebanyakan yang akan menjadikan tempat dan airnya menjadi keruh.

Unutk pakan secara alami, teman mampu mencari dipinggiran sungai (cacing sutra), untuk kutu airnya sahabat mampu ternak sendiri dalam wadah kasih air dan kotoran sisa dedaunan.

Perawatan Ikan Cupang

Untuk syistem perawatan ikan cupang, sahabat cukup memperhatikan keadaan air dan mengganti secara berkala.

Biasanya terdpat penumpukan kotoran yang mengendap dibawah atau disamping aquarium tersebut. Karna yang namanya kotoran lambat laun akan menjadikan penyakit juga.

Berdasarkan beberapa pengalaman pembudidaya ikan cupang, jikalau itu ikan cupang aduan sobat bisa memasukkan kedalam toples yang ukurannya kecil sekaligus tempatkan pada yang gelap, yang berfungsi ikan cupang tersebut tetap bersifat bergairah.

Yang namanya ikan cupang aduan dimana tempat niscaya akan sangat lincah mencari musuh, usahakan tempatkan yang agak jauhan dengan ikan cupang lainnya, agar tidak selalu mencari musuh dan menendang dinding kaca aquarium tersebut. kalaupun ditempatkan sejajar dengan ikan cupang lain, usahakan ada pembatas yang berwarna hitam.

Tidak disarankan memelihara lebih dari satu ikan cupang jantan yang telah cukup umur dalam satu akuarium. Terlebih jika ukuran akuariumnya kecil dan tidak ada kawasan berlindung. Ikan-ikan tersebut bisa saling menyerang satu sama lain. Akibatnya, sirip-siripnya tidak mulus dan warnanya kurang keluar.

Perawatan yang paling dan yang sangat penting yakni pencucian pada airnya, walaupun
ikan cupang sangat ampuh terhadap lingkungan sekitar, dalam aquarium yang tanpa aerator, dalam plastik, tahan didalam wadah yang kurang oksigen sekaligus. Akan tetapi jika kondisi airnya sudah tidak memungkinkan maka akan cepat terserang penyakit.

oleh alasannya itu disarankan semoga untuk tetap menjaga kualits air dengan menunjukkan aerasi dan filter pembersih, yang berfungsi ikan tersebut dapat berkembang tepat dan selalu dalam keadaan sehat alami dan bugar.

Sobat Bisa Menciptakan Budidaya Ikan Cupang ini dengan Hasil yang Maksimal Sekian dulu teman sedikit menyebarkan tentang cara simpel dan jitu budidaya ikan cupang ini, supaya bermanfaat dan mendapat hasil yang maksimal berbeda dari kebanyakan peternak lain.