Cara Perkembang Biakan Ikan Guppy

Guppy , ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar (Poecilia reticulata), yaitu salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling terkenal di dunia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak, di banyak daerah di Indonesia ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan. Dalam perdagangan ikan hias dikenal sebagai guppy atau juga millionfish.

 adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia Cara Perkembang Biakan Ikan Guppy

Ikan guppypada awalnya adalah ikan yang hidup di rawa air payau. Ikan ini berkembang biak dengan cara beranak sehingga pengembangbiakannya tergolong mudah.

Induk jantan memiliki warna yang cerah, badan yang ramping, sirip punggung yang lebih panjang dan mempunyai tonjolan memanjang di belakang sirip perut yang merupakan modifikasi sirip anal berupa sirip panjang.

Sedangkan untuk indukan betina memiliki tubuh gemuk, warna yang kurang cerah, sirip punggung kecil, sirip perut berupa sirip yang halus.

Hadi Setiawan pengusaha ikan hias di daerah Jalan Veteran, Kamis (21/8) lalu mengatakan selain warna, bentuk dasar ekor ikan guppy juga bervariasi. Guppydibagi menurut bentuk ekornya lebar, ekor panjang dan ekor pendek.

Tiap jenis ikan guppy memiliki empat macam bentuk ekor. Jenis terbaru yakni ribbon/swallow. Ini merupakan jenis baru dari banyak sekali persilangan mengakibatkan perpaduan gen yang merupakan hasil kawin silang dari berbagai jenis ikan ini.

Guppy berkembang biak dengan cara beranak. Anak guppy yang gres menetas sudah eksklusif mampu berenang dengan baik. Hal ini terjadi karena proses pembuahan guppy terjadi secara internal adalah perkawinan terjadi pada saat organ pejantan yang terletak pada sirip anal dimasukkan ke dalam organ telur betina.

”Guppy jantan yang akan mengejar betina siap kawin. Tiap kali perkawinan dapat dijadikan 3 kali menetas. Waktu menetas berkisar 3 minggu dan seekor betina dapat menghasilkan 60 ekor anak,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan, untuk mendapatkan kualitas guppy yang bagus biasanya dapat dicari dengan betina yang memiliki bentuk ekor yang manis.

Sedangkan untuk jantan biasanya dicari warna yang paling cerah juga secara umum dikuasai. Untuk guppy jenis ribbon, betina ribbon sangat lebih banyak didominasi, sedangkan untuk pejantan tetap pejantan normal.

Dengan memahami proses pembuahan sampai dengan menetasnya ikan guppy, maka perlu dipakai suatu metode supaya perkawinan guppy dengan mudah mampu diatur dan dikendalikan sesuai dengan keinginan kita. Kelemahan dari pembudidayaan guppy adalah ketidaktelitian terutama yang menggunakan sistem kawin masal.

“Untuk menghasilkan jenis guppy yang unggul diharapkan ketelitian dan kesabaran semoga bisa menghasilkan jenis ikan guppy yang benar-benar berkualitas,” ungkapnya.

Ketika disinggung soal harga Hadi menyampaikan, harga ikan guppy sangat relatif tergantung dari jenis, warna dan komposisi bentuk. Harganya mulai dari Rp 5 ribu hingga puluhan bahkan ratusan ribu, tergantung dari jenis, warna, dan bentuknya tadi, selain itu ikan guppy juga bisa diperlombakan