Whale Percaya Ethereum Lebih Bagus Daripada Bitcoin, Kenapa?

Kritikus sering membidik blockchain Ethereum karena masalah skalabilitasnya.

Sejujurnya, Ethereum saat ini telah menghadapi kemacetan ekstrem selama beberapa waktu, dan ini telah mengakibatkan terbentuknya biaya transaksi selangit di jaringan.

Hambatan semacam ini pun telah membuat investor institusional tidak berminat untuk bergabung!


Selain aksi harga, Ethereum jarang dibandingkan dengan Bitcoin karena keduanya dibangun dengan pemikiran ekonomi fundamental yang berbeda.

Bitcoin dipandang sebagai penyimpan nilai yang sah dan andal serta versi digital emas.

Sebaliknya, Ethereum diyakini sebagai fondasi ekosistem crypto. Dalam hal jumlah aplikasi yang terdesentralisasi (dApps), jumlah pengembang, dan pengguna harian.

Namun demikian, satu investor besar (Whale) tampaknya berpikir bahwa Ethereum pada akhirnya akan setara dengan Bitcoin dalam hal kegunaannya.

Faktanya, investor tersebut pun mencatat bahwa perubahan jaringan yang segera terjadi pada jaringan Ethereum bisa menjadikannya “emas digital yang lebih baik” dari pada Bitcoin.

Ethereum Mengejar Bitcoin?

Kebanyakan orang percaya bahwa rally Bitcoin didorong oleh masuknya uang institusional yang sangat besar ke pasar crypto.


Karena awan ketidakpastian yang tebal masih membebani sistem keuangan sehubungan dengan pandemi global, semakin banyak investor dalam keuangan tradisional yang berbondong-bondong ke pasar.

Tidak seperti pasar Bullish 2017, pergerakan meroket BTC saat ini ditandai dengan peningkatan partisipasi institusional. Ini telah melihat Bitcoin bertiup melewati level $ 18.000 dengan sedikit Resistance.

Sang crypto utama tersebut sekarang hanya beberapa dolar saja dari level tertinggi sepanjang masanya (ATH) di $ 20.000. Ethereum juga telah menguat dalam beberapa bulan terakhir tetapi masih jauh dari rekor tertingginya di level $ 1.432.

Kinerja ETH yang kurang baik dibandingkan dengan Bitcoin dapat dikaitkan dengan fakta bahwa modal institusional mendorong harga Bitcoin lebih tinggi karena narasi “emas digital” yang sangat populer.

Seorang investor Ethereum besar yang menggunakan nama Tetranode telah menyarankan bahwa penerbitan PoS dan EIP-1559 akan mengakibatkan inflasi negatif.

Karena hal inilah, Ethereum akan mengalahkan Bitcoin untuk menjadi versi superior dari emas digital, dan investor institusional yang saat ini masih mengamati akan memposisikan diri mereka di ETH. Bagaimana menurut Anda?