5 Jenis Ikan Peacock Bass

Ikan Peacock Bass bahu-membahu merupakan salah satu jenis ikan predatoryang cukup ganas, tetapi tetap saja banyak yang menyukai ikan tersebut. Harga ikan peacock bass pun sangat bermacam-macam.

Dinegara aslinya hingga sekarang ikan Pbass ini masih menjadi sport fishing atau sasaran memancing untuk mengisi aktivitas luang atau saat animo liburan. Biasanya mereka memancing di daerah sungai Amazon.

Ikan predator satu ini juga memiliki banyak jenis dan bermacam-macam corak warna yang cantik. Tapi pada kesempatan ini aku hanya akan share sebagian dari jenis tersebut,

Ikan Peacock Bass sebenarnya merupakan salah satu jenis ikan predatoryang cukup ganas 5 Jenis Ikan Peacock Bass

 

Peacock Bass Monoculus (Cichla Monoculus)

Yang pertama ialah yang berjenis Cichla Monoculus, jenis ini akan sangat mudah kamu jumpai pada penjual ikan hias karena memang jenis ini yang paling banyak dipasaran Indonesia dikarenakan harganya yang paling murah bila dibandingkan dengan jenis lainnya

Ciri-cirinya jenis cichla monoculus ini mempunyai warna kuning dengan gradasi orange pada sirip bawah, serta ada tanda hitam di bagian tubuhnya. Untuk gambar bisa dilihat diatas, dan biasanya ikan peacock bass cichla monoculus ini dipasaran dihargaimulai yang kecil ukuran 5 cm harganya Rp.15.000 sampai yang besar ukuran 30 cm dihargai Rp.350.000.

Peacock Bass Orinoco (Cichla Orinocensis)

Untuk yang berjenis Orinoco ini habitat aslinya di hilir sungai Orinoco dan Rio Negro dibenua Amerika oleh karena itu nama jenis ikan ini diambil disungai ketika pertama ditemukan. Ikan predator ini juga sudah dewasa ukurannya bisa mencapai dengan 50 cm dan untuk beratnya bisa hingga 6 kg juga sudah cukup umur.

Untuk warna dari ikan Pbass jenis Orinoco ini mempunyai warna kuning emas dengan ada beberapa titik hitam di tubuhnya. Dan sebab ikan jenis ini tidak mengecewakan sulit untuk dibudidayakan sehingga harga ikan Pbass yang berjenis Orinoco ini juga lebih mahal dari jenis yang monoculus tadi. Untuk anakan yang berukuran 5 cm harganya sudah Rp.45.000 dan untuk yang dewasa dengan ukuran 30 cm bisa mencapai Rp.1.200.000

Ikan Peacock Bass Kelberi

Pbass jenis Kelberi ini berdasarkan aku tampilan corak warnanya sangat bagus, selain itu untuk perawatan ikan jenis ini juga mudah dan tak perlu banyak biaya.Ciri khas dari jenis ini yaitu memiliki warna kuning yang bermotif bintik hitam di beberapa bagian tubuhnya yang membuat corak yang anggun.

Harga Pbass jenis ini masih tergolong mahal sebab belum banyak yang mampu membudidayakannya, untuk anakan saja yang ukuran 5 cm dihargai Rp.100.000 sedangkan yang sudah sampaumur harganya mencapai Rp.1250.000 dengan ukuran yang 30 cm.

Ikan Peacock Bass Temensis

Peacock bass temensis memang masih sedikit yang mengenalnya sebab tingkat kesulitan dalam membudidayakannya, namun untuk corak warnanya juga manis seluruh tubuhnya di penuhi bintik putih dengan warna dasar tubuhnya coklat ke emasan. Jika sudah cukup umur ikan pbass temensis ini beratnya mampu mencapai 13 kg dan panjangnya sampai 100 cm.

Harganya juga masih agak mahal dikarenakan memang sulit untuk membudidayakannya, yang kecil ukuran 5 cm saja sudah mencapai Rp.50.000 apalagi yang sudah cukup umur yang ukuran 30 cm harganya sudah tembus di angka 1.300.000 untuk per ekornya.

Ikan Peacock Bass Azul

Jenis terakhir yang aku share ini mempunyai harga yang paling mahal, dikarenakan ikan jenis azul ini memang sangat anggun. Ciri khasnya mempunyai sirip warna biru dengan ujung ekornya yang berwarna kuning kemerahan.

Ikan peacock bass azul ini lebih mahal dari jenis yang diatas, selain memang bagus faktor mahalnya juga dikarenakan sulitnya untuk membudidayakannya. Untuk yang masih kecil ukuran sekitar 5 cm harganya sudah Rp.60.000 dan untuk yang sudah dewasa harganya sudah hingga di kisaran Rp.1.500.000 untuk harga satu ekornya.

Dari beberapa jenis beliau atas, ada yang kau sukai? kira-kira lebih menentukan yang mana?