Selama masa pandemi tahun ini, meskipun sudah banyak tempat makan yang telah memperbolehkan makan ditempat tapi tentu akan lebih baik untuk mencegah peningkatan kasus penularan Covid-19 untuk sebisa mungkin meminimalisir kegiatan di luar rumah.

Nah untuk itu dibulan Ramadhan kali ini pun cobalah untuk mengurangi kegiatan Ramadhan dan mencoba menggantinya dengan kegiatan yang tetap seru walaupun dilakukan dari rumah.

Misalnya ngabuburit online bersama teman kerja, kuliah atau saudara jauh. Iyap, kegiatan ngabuburit bisa dilakukan secara online dan tentunya tetap bisa seseru ngabuburit seperti sebelum-sebelumnya.

Nah, untuk yang masih belum dapat ide seru untuk ngabuburit online nanti, berikut beberapa ide asik ngabuburit online dari rumah dengan orang-orang terdekatmu.

 

1. Pengajian Online

pengajian online

Disebabkan pandemi, kegiatan mengaji menjelang buka puasa di masjid selama Ramadhan tentu tidak boleh dilakukan karena bisa melanggar protokol kesehatan. Tapi tenang saja, ibadah mengaji bulan Ramadhan tetap bisa afdol dengan mengikuti atau mengadakan acara pengajian online sendiri.

Untuk menjadi peserta pengajian online, kamu tinggal mencarinya dengan google lalu mendaftarkan diri secara online. Biasanya untuk acara pengajian online tidak dikenakan biaya pendaftaran alias gratis.

Sedangkan untuk mengadakan acara pengajian online kamu bisa bekerja sama dengan orang-orang yang tinggal di sekitar kamu, komite masjid untuk mengundang Uztad untuk berdakwah. Atau bisa juga mengadakannya bersama dengan rekan-rekan kerja kantor.

Baca Juga: 10 Kegiatan ini Bisa Bikin Ngabuburit di Rumah Aja Terasa Makin Seru

2. Karaoke Online

karaoke onlline

Yang hobi nyanyi pasti sudah bosan sekali tidak bisa menyalurkan hobi mu selama pandemi karena tempat karaoke masih banyak yang belum kembali buka. Tapi tenang saja, dengan kecanggihan internet jaman sekarang kamu tetap bisa berkaraoke ria secara online untuk menyambut buka puasa.

Caranya mudah kamu tinggal ke Youtube, lalu mencari lagu favorit dengan ditambahkan keyword karaoke dibelakangnya ‘karaoke’ kamu bisa menikmati kegiatan karaoke ini dirumah bersama keluarga mu. Atau kamu bisa mendownload aplikasi karaoke online di handphone kamu jika ingin menikmatinya sendiri saja.

3. Mabar Onlinegame online

Mabar online disini maksudnya main bareng atau bermain game bersama. Dengan aplikasi game online yang juga menyediakan fasilitas interaktif dimana kamu bisa melakukan voice bahkan video call dengan beberapa pemain sekaligus, kegiatan ini tentu cocok untuk kamu yang hobi ngegame dan tidak bisa bertemu langsung dengan teman-teman sekomunitas selama ini karena pandemi.

4. Streaming Drakor Kesayangan Jarak Jauh

streaming netflix

Untuk kamu dan teman-teman kamu yang punya hobi mantengin oppa kesayangan tapi tidak berani nonton bersama, bisa streaming drakor kesayangan dengan aplikasi streaming film atau series bersama seperti Netflix party dimana kamu dan beberapa temen kamu bisa menonton film atau drama yang sama dengan waktu tayang yang bersamaan. Bisa juga mengajak keluarga untuk melakukannya bersama saudara jauh.

Baca Juga: Manfaat Dahsyat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

5. Video Call dengan Beberapa Orang Sekaligus

video call

Tidak ada yang lebih asik dalam menunggu waktu buka puasa sambil ngobrol seru dengan teman-teman terdekat mu. Tapi karena sedang pandemi, biar lebih aman acara ngobrolnya bisa diganti dengan video call saja.

Kamu bisa menggunakan whatsapp yang bisa melakukan video call dengan lebih dari 4 orang, atau facebook jika akan melakukannya dengan lebih dari 10 orang. Atau bisa menggunakan zoom atau google hangout jika ingin melakukannya dengan 20 orang lebih sekaligus.

Video call juga bisa dijadikan ajang silahturahmi dengant teman-teman kantor yang sudah lama tidak bertemu karena WFH (work from home).

6. Mengikuti Kelas Online

mengikuti kelas online

Untuk yang tidak hanya ingin menambah pahala tapi juga ilmu. Bisa mengikuti kelas online menjelang buka puasa. Ada banyak kelas online yang bisa diikuti untuk bikin waktu menunggu buka puasa tidak terasa.

Seperti kelas memasak untuk menu takjil mu berikutnya, kelas belajar bahasa atau kelas membuat prakarya. Tidak perlu mengikuti kelas yang terlalu sulit topik pembelajarannya. Itu bisa dilakukan setelah buka puasa karena memerlukan daya fokus yang tinggi.

Pilih lah yang ringan dan seru sehingga bisa dinikmati dengan baik walaupun sedang berpuasa seharian.

Ngabuburit di Rumah Bikin Berkah karena Lindungi Orang Sekitar dari Penularan Virus

Untuk kamu yang diberikan kenikmatan bekerja dari rumah, cobalah lindungi mereka yang masih harus bekerja di luar rumah dengan mengurangi aktivitas di luar rumah guna membantu mengurangi kasus penularan virus.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi menu yang takjil ketika buka puasa untuk menjaga daya tahan tubuh terutama di masa pandemi seperti ini.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadhan

 



Sumber