Sebagai salah satu member dari Twice, nama Momo Hirai memiliki begitu banyak penggemar internasional. Wanita kelahiran Kyōtanabe, Kyoto, 9 November 1996 ini telah meraih banyak prestasi dan popularitas bersama Twice. 

Menjadi penyanyi dan dancer andal, kehadiran Momo melengkapi formasi dari girlband yang dibentuk JYP Entertainment tersebut. Namun jarang disorot bahwa Momo Hirai memilih hijrah dari Jepang dan berkarier di Korea Selatan demi mengejar cita-citanya.

Bahkan, kekasih Heechul Super Junior ini harus berjuang mati-matian demi meraih posisinya sekarang. Seluruh anggota Twice yang total berjumlah sembilan orang itu harus melalui SIXTEEN, sebuah survival show yang melahirkan mereka sebagai K-Pop Stars.

Baca Juga: Begini Perjalanan Karir Twice yang Fenomenal

Pecinta Seni Tari

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram)

Sejak kecil, ia sudah jatuh hati pada seni tari. Seperti dilaporkan dalam Koreaboo, wanita bertinggi tubuh 162 cm ini sudah menunjukkan bakatnya menari sejak ia berumur tiga tahun.

Momo terus tumbuh dan melatih bakatnya. Ia pernah bergabung dalam salah satu sanggar tari Step Out di Jepang. Dari situ, ia mendapat jalan untuk menjadi dancer dalam video musik Ma People, sebuah lagu dari Lexy, penyanyi Korea Selatan.

Ia pun menyadari kecintaannya tak hanya kepada seni tari saja, tapi juga melebar ke industri musik K-Pop. Ketika itu, Momo Hirai mengidolakan bintang legendaris Korea Selatan yakni Lee Hyori dan Rain. 

Ia terkesima melihat fakta, bahwa beberapa idola K-Pop justru berasal dari negaranya. Sejak itulah ia bercita-cita untuk menjadi the next idol musik Pop Korea.

Ikut Audisi Demi Jemput Impian

Memasuki tahun 2011, ia bergabung dalam ajang talent hunt yang dihelat oleh Mnet di Jepang. Acara pencarian bakat yang bertajuk Superstar K3 tersebut diikuti Momo bersama sejumlah teman dan juga kakak kandungnya.

Dalam audisi tersebut, ia membentuk tim bersama ketiga rekannya. Mereka kemudian tampil membawakan Fire, sebuah lagu dari 2NE1 di audisi yang mendebarkan tersebut. Namun saat itu, keberuntungan belum berpihak kepadanya. Momo gagal dan tak dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Unggahan Video Dilirik Agensi

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram)

Tak patah semangat, Momo melanjutkan hidup dan tetap menari. Ia belakangan mengunggah sebuah video saat sedang tampil menari dengan lagu dari girlband Miss A. Tak disangka, video yang diunggahnya ke YouTube tersebut dilirik langsung oleh pemilik agensi JYP Entertainment, Park Jin Young.

Momo kemudian menerima undangan dari pihak JYP dan ia pun menjalani audisi bersama agensi terkenal tersebut. Momo berhasil lulus dalam audisi yang digelar pada tahun 2012 tersebut. Namun kakaknya yang bernama Hana gagal dan tereliminasi.

Hidup Mandiri Sebagai Trainee

Lulus audisi, Momo pun harus merantau sendirian di Korea Selatan. Ia berhasil menjadi trainee di JYP Entertainment. Namun sebagai konsekuensinya, ia harus bisa keluar dari zona nyaman dan hidup lebih mandiri dan jauh dari keluarga.

Hal ini tentu tak bisa dibilang mudah. Apalagi jika mengingat bahwa saat itu, Momo betul-betul belum menguasai Bahasa Korea. Namun kepada Soompi Momo menuturkan, dengan komitmen dan keberanian tinggi, ia berusaha survive.

Momo terus berusaha melatih kemampuan bahasanya meski sebenarnya ia seorang Introvert yang pemalu. Di sisi lain, JYP juga melatih Momo untuk menjadi member dari girlband yang seluruh personelnya akan diambil dari Jepang. Belakangan proyek ini tidak dilanjutkan.

Sempat Tereliminasi di Acara SIXTEEN

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram)

Momo lantas diikutsertakan dalam deretan para trainee perempuan dan bersaing dalam reality show bernama SIXTEEN. Selama sekitar tiga bulan, ia berkompetisi secara ketat dengan kelima belas trainee lainnya. 

Persaingan tersebut tak bisa dibilang berjalan mulus. Pasalnya, ia sempat tereliminasi dan tak berhasil menjadi kandidat untuk Twice. Alih-alih aman di peringkat tujuh besar, ia malah berada di posisi empat belas.

Tentu Momo sempat merasa putus asa dan tak tahu harus berkata apa kepada keluarganya. Meski begitu, ia tetap tegar dan tidak pulang ke Negeri Sakura. Hingga kemudian keajaiban seolah terjadi ketika JYP mengubah siasat mereka. 

Awalnya, Twice direncanakan hanya terdiri dari tujuh member. Namun di pengujung SIXTEEN, Park Jin Young memutuskan Twice akan melakukan debut dengan tambahan dua member lagi. Alhasil, dua kandidat kembali ditarik untuk bergabung.

Baca Juga: Percantik Diri dengan Tutorial Make Up Korea dari 5 Beauty Vlogger Ini

Jadi Putri Bungsu Twice

Bersama Tzuyu, Momo ditarik menjadi member bungsu Twice. Owner dari JYP menyebutkan, keputusan tersebut diambilnya karena berbagai pertimbangan penting. Menurutnya, Momo mempunyai nilai lebih yang tak dimiliki oleh personel lainnya. 

Selain itu, kinerja dan semangatnya yang hebat dan luar biasa sudah tak perlu diragukan lagi. Belum lagi kemampuan olah vokal yang istimewa serta penampilan menarinya yang fantastis menjadi aset yang bagus sekali bagi Twice dan JYP.

Keahlian Dance yang Mempesona

Skill menari Momo Twice tak hanya mendapat pengakuan dari Park Jin Young selaku owner JYP Entertainment. Lia Kim yang dikenal sebagai koreografer kondang di Negeri Ginseng juga melontarkan pujiannya. 

Menurut Kim, Momo Twice ialah K-Pop Idol yang bakat menarinya paling menonjol. Kim bahkan memuji bahwa Momo seolah dilahirkan memang untuk menjadi penari andal. Hanya dengan sekali lirik, ia sanggup menarikan kembali sebuah koreografi dengan sangat tepat.

Ia bahkan sanggup berkreasi dan membuat koreografi baru yang fresh hanya dengan sedikit arahan saja. Kim menambahkan, Momo juga apik dalam menambahkan aksen, keunikan, dan pesonanya sendiri untuk membuat sebuah koreografi terlihat semakin indah.

Sukses Berprestasi Bersama Twice

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram)

Momo diketahui merupakan satu dari tiga member Twice yang berasal dari Negeri Sakura. Selain Momo, ada Mina dan Sana yang juga merupakan warga negara Jepang. Momo yang kini telah fasih berkomunikasi dalam Bahasa Korea dan Jepang juga menjadi bantuan saat Twice promo di negaranya.

Kini, Momo bersama Twice telah mengecap sukses besar. Sejak debutnya, girlband yang kerap menjadi trendsetter di dunia fashion itu telah meraih ratusan juta viewers untuk berbagai video musiknya. 

Dengan penjualan single dan album yang selalu memuaskan, Twice juga berprestasi dan memenangkan puluhan trofi dari beragam ajang penghargaan bergengsi. Mereka tak hanya berhasil menyabet lima piala dari Japan Gold Disc Awards, tapi juga punya banyak fans dari China dan Jepang.

Kerja Keras dan Komitmen Membantu Sukses

Tak dapat dipungkiri, Momo Twice berhasil menapaki kesuksesan bukan hanya karena modal visual yang menawan serta bakat menari dan suara merdunya. Dari pribadinya, ia dikenal sebagai individu pekerja keras dan juga penuh komitmen.

Terbukti, dedikasi dan ketekunan Momo Twice akhirnya terbayarkan dan memberikan kemenangan yang manis baginya. Dan pihak lain dapat melihat keseriusan, kegigihan, serta ketekunannya.

Tak jarang dalam banyak kasus, orang-orang berbakat malah menjadi lengah sehingga mereka dikalahkan oleh individu yang lebih tekun dan giat. Rajin berlatih dan bekerja pada akhirnya akan lebih berpengaruh untuk sukses ketimbang hanya sekadar bermodalkan bakat.

Baca Juga: Berkenalan dengan Izone, Girlband Keren Terkini yang Jadi Saingannya Twice





Sumber