Nama Yoo Yeon Seok dikenal sebagai salah satu aktor, model dan penulis asal Korea Selatan. Pria kelahiran Seoul, 11 April 1984 ini telah sukses merintis kariernya sejak tahun 2003. Sejak debutnya dalam film layar lebar bertajuk Old Boy, pria dengan tinggi tubuh mencapai 183 cm ini telah membintangi lebih dari 20 film juga drama.

Memiliki nama asli Ahn Yeon Seok, bintang film Seoul (2009) dan Tasty Life (2012) ini telah meraih prestasi dan penghargaan yang prestisius. Di tahun 2015, ia pernah memboyong Best New Actor dari Golden Cinema Festival 2015. Kemudian pada tahun 2018, sang aktor meraih Best Supporting Actor (Drama) di gelaran The Seoul Awards.

Yoo Yeon Seok yang juga bermain dalam film Steel Rain 2: Summit ini kian melambung namanya setelah melakoni drama bertajuk Hospital Playlist yang tayang tahun 2020. Terhitung pada tahun 2020, kekayaan Yoo Yeon Seok yang menulis buku berjudul Yoo Yeon-Seok’s Dream (2014) ini telah menembus angka 1-5 juta Dollar AS (Rp14-70 miliar). 

Baca Juga: Begini Kisah Sukses Won Bin Bintang Drama Endless Love

Pengalaman Perankan Beragam Karakter

Di sepanjang kariernya, aktor yang memeluk agama Katolik ini telah menjajal berbagai tokoh, karakter dan peran. Tak hanya seputar peran antagonis dan protagonist, ia juga telah mengeksplorasi kemampuan aktingnya lewat memerankan karakter yang unik. Tak pelak, pengalamannya pun semakin banyak dengan kemampuan akting yang kian terasah.

Setelah mendapat peran pendukung dalam Old Boy (2003), ia bermain dalam Short! Short! Short! 2009: Show Me the Money (2009). Kemudian di tahun 2011, ia muncul dalam Re-encounter. Berkat aktingnya yang hebat, namanya masuk nominasi Best New Actor dalam Grand Bell Awards.

Di tahun 2012, ia bermain untuk Eighteen, Nineteen. Pada tahun yang sama, ia juga membintangi Two Weddings and a Funeral, A Werewolf Boy, Architecture 101 serta Horror Stories. Menariknya, Yeon Seok yang telah menunaikan wajib militer di angkatan udara sebelum debutnya ini berperan sebagai pembunuh dalam film Horror Stories.

Memasuki 2013, ia kembali hadir dalam Born to Sing dan Hwayi: A Monster Boy. Kemudian ia bermain dalam The Royal Tailor dan Whistle Blower (2014). Pada tahun berikutnya, ia membintangi The Beauty Inside serta Perfect Proposal (2015).

Selain itu, ia juga melakoni film Mood of the Day, A Quiet Dream dan Love, Lies di tahun 2016. Dalam Mood of the Day, ia dengan fasihnya berhasil berakting sebagai mantan atlet basket yang beralih profesi menjadi manajer. 

Dan kini setelah sukses membintangi New Year’s Eve dan Steel Rain 2: Summit di tahun 2020 ini, ia dijadwalkan akan tampil dalam Matin Calme dan Puppy tahun 2021 mendatang.

Bintangi Beragam Serial Drama TV

Eksistensi Yeon Seok juga tak kalah tenar di layar kaca. Sering bermain dalam beragam serial drama, ia pernah membintangi Chosun Police 2 (2008), General Hospital 2, serta Soul dan Dream di tahun 2009.

Pada tahun 2010, ia kembali bermain untuk Running, Gu. Ia kemudian melakoni Pure Pumpkin Flower (2010-2011), Midnight Hospital (2011), serta What About Mom? dan Tasty Life di tahun 2012.

Memasuki 2013, Yoo Yeon Seok melakoni Gu Family Book serta Reply 1994. Ia selanjutnya muncul dalam Mrs. Cop dan Warm and Cozy di tahun 2015. Di serial drama terakhir, ia berperan sebagai koki ganteng yang mengejar cinta wanita impiannya.

Sosoknya kian digandrungi terutama saat bermain untuk Dr. Romantic (2016-2017). Berprofesi sebagai dokter, ia memerankan Kang Dong Joo yang merebut kekasih orang. 

Demikian juga dalam Mr. Sunshine (2018). Di balik wajah menyeramkan dan kesan yang menakutkan, tokoh Goo Dong Mae yang diperankannya ternyata punya sisi lembut dan malah menjadi budak cinta.

Adapun di tahun kemarin, aktingnya dalam Hospital Playlist membuat nama Yoo Yeon Seok menjadi salah satu aktor berkualitas yang disegani.

Aktif Lakoni Pertunjukan Teater

Tak hanya menjajal layar lebar dan layar kaca, pria yang menyukai fotografi ini juga sukses berkiprah di panggung theater. Berbagai pertunjukan teater telah dilakoninya sejak tahun 2008. Salah satunya seperti The Good Person of Szechwan.

Pada tahun 2009, aktor yang hobi berkebun, crafting, memancing dan memasak ini membintangi The Understudy. Menyusul di tahun 2015-2016, ia bermain untuk pertunjukan Le Passe-Muraille. 

Sedangkan di tahun 2017, ia melakoni Hedwig and the Angry Inch. Ia juga tercatat pernah turut serta dalam A Gentleman’s Guide to Love and Murder (2019) dan Werther (2020). 

Baca Juga: Kisah Sukses Bintang Goblin Kim Go Eun, Model Olshop yang Jadi Aktris Profesional

Kantongi Beraneka Penghargaan Prestisius

Sarat prestasi, pria lulusan Sejong University jurusan Seni Film ini telah memenangkan banyak penghargaan. Selain itu, namanya pun kerap berlangganan masuk berbagai nominasi di ajang penghargaan bergengsi. 

Di tahun 2014, ia meraih Top 10 Style Icons dari Style Icon Awards. Memasuki tahun 2015, sang aktor yang kini berada di bawah naungan agensi King Kong by Starship ini memenangkan Best New Actor dari 35th Golden Cinema Festival. Ia juga mengantongi Top 10 Stars Award dari MBC Drama Awards di tahun yang sama.

Memasuki 2016, ia kembali memenangkan Popularity Award dari Korea Film Actors Association Awards. Berkat aktingnya yang andal dalam Dr. Romantic, Yoo Yeon Seok berhasil memboyong tiga penghargaan dari SBS Drama Awards. Mulai dari Best Couple dengan Seo Hyun Jin, dan Idol Academy Award (Best Kiss) dan Excellence Award (Actor in a Genre Drama).

Sementara itu, pada tahun 2018 namanya semakin bersinar setelah melakoni Mr. Sunshine. Yoo Yeon Seok yang ternyata pecinta alam ini telah menyabet Best Supporting Actor (Drama) dari 2nd The Seoul Awards. Sedangkan dari 3rd Asia Artist Awards, ia memenangkan Best Actor dan Artist of the Year.

Muncul dalam Berbagai Video

Selain menjajal akting dan sempat meluncurkan buku hasil karyanya, Yoo Yeon Seok juga aktif membintangi video-video musik. Beragam video yang pernah dibintanginya antara lain seperti Things to Do Tomorrow yang dibawakan Yoon Jong Shin (2008).

Ia juga menjadi model video klip On the Days I Longed for Love milik Lee Oh Gong Gam (2009). Sedangkan di tahun 2013, ia muncul dalam video You Fool (Honey-G), Things to Do Tomorrow (Yoon Jong Shin featuring Sung Si Kyung), One Way Love (Hyolyn), The Day to Love (Lee Seung Chul), dan Only Feeling You (Yoo Yeon Seok, Jung Woo dan Son Ho Jun).

Memasuki 2014, Yeon Seok menjadi model untuk video musik Three People yang dinyanyikan oleh Toy dan Sung Si Kyung. Selain itu, Yeon Seok juga hadir dalam video Because You’re Pretty (Standing Egg) di tahun 2015 dan Then You (K. Will) pada 2018 lalu.

Eksplorasi untuk Menambah Pengalaman

Berkat ketekunannya dalam mengasah kemampuan serta berani mengeksplorasi peran, kini nama Yoo Yeon Seok telah menjadi aktor kenamaan yang dicintai para penggemarnya. Ia juga berhasil meraih beragam apresiasi dari berbagai penghargaan bergengsi.

Seperti Yoo Yeon Seok yang menginspirasi, keluar dari zona nyaman dan mencoba beraneka peran serta karakter baru tak hanya akan mengasah kemampuan. Langkah tersebut dapat membantu untuk menambah pengalaman, wawasan serta pemahaman. 

Teruslah semangat mengasah kemampuan dan mempelajari cara-cara baru. Pada akhirnya, semua itu akan bermanfaat dan menambah kualitas bagi kehidupan personal dan profesional seseorang untuk meraih kesuksesan.
Baca Juga: Profil Seo Kang Joon, Member 5urprise dan Aktor Ganteng Pemeran Cheese in the Trap





Sumber