Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini membuat kehidupan sebagian besar orang terutama di Indonesia mengalami banyak perubahan. Misalnya saja, awalnya bekerja di kantor kemudian jadi bekerja di rumah (WFH), tapi tak sedikit juga orang yang tadinya bekerja kantoran kemudian terkena PHK karena perusahaan mengalami penurunan omzet.

Bukan hanya itu saja, bagi anak muda yang sudah lulus sekolah atau kuliah juga menjadi sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang lebih memilih untuk tidak membuka lowongan pekerjaan sementara waktu.

Namun, berjalannya waktu satu per satu perusahaan sudah mulai kembali bangkit dan berjalan normal. Artinya, perusahaan sudah mulai mencari dan menerima karyawan baru. Ini tentunya menjadi kesempatan emas bagi para pencari kerja (job seeker) di masa pandemi Covid-19 ini untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Lantas, perusahaan mana saja yang saat ini sedang buka lowongan kerja?

Berikut beberapa perusahaan negara dan swasta yang bisa Anda coba lamar kerja, siapa tahu Anda beruntung bisa keterima kerja di perusahaan baru.

 

1. PT Bank Tabungan Negara (Persero)

BTN

Bank Tabungan Negara (Persero) membuka kesempatan bagi Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan di masa andemic Covid-19. Bagi Anda yang ingin menjadi pegawai bank yang professional, Anda bisa mencoba lamar pekerjaan di BTN yang nantinya Anda akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan.

Berikut divisi pekerjaan yang bisa Anda coba, antara lain:

  • Officer Development Program (ODP)
  • General Banking Staff (GBS)
  • Business Support Staff (BSS)
  • Customer Service Staff (CS)
  • Teller Service Staff (TS)

Jika tertarik pada posisi di BTN, dapatkan informasi lebih lanjut mengenai kualifikasi dan formulir pendaftaran calon karyawan bank di https://recruitment.btn.co.id/.

2. Perusahaan Umum Jasa Tirta I

Perusahaan Umum Jasa Tirta I merupakan perusahaan milik negara yang mengelola sumber daya air. Perusahaan ini berlokasi di Malang, akan tetapi memiliki wilayah kerja di lima wilayah sungai di Indonesia. Saat ini, Perusahaan Umum Jasa Tirta I membuka lowongan pekerjaan. Adapun divisi pekerjaan yang sedang dibuka, yaitu:

  • Staf Hukum
  • Staf Akuntan

Pendaftaran lamaran dapat Anda lakukan secara online, yaitu melalui website recruit.jasatirta1.co.id. Jangan lupa untuk melakukan daftar dan login terlebih dahulu kemudian melakukan registrasi lamaran yang dipilih.

3. Exa Mitra Solusi

PT Exa Mitra Solusi (EXA) adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa atau lebih tepatnya (konsultas manajement suberdaya manusia). Sekarang, perusahaan ini sedang membuka lowongan pekerjaan di bagian:

  • Administrasi (Rp4,5 juta – Rp5 juta)
  • Finance Analyst (Rp5 juta – Rp7 juta)
  • Digital Marketing Specialist

Anda bisa melihat informasi lebih lanjut mengenai kualifikasi atau persyaratan detail hingga pendaftaran lamaran kerja melalui https://karirhub.kemnaker.go.id/.

4. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Bagi Anda yang memiliki impian ingin menjadi pegawai bank Mandiri, ini menjadi waktu yang tepat. Sebab, PT Bank Mandiri sedang membuka Office Development Program. Anda bisa segera melakukan pendaftaran langsung di website Bank Mandiri. Lowongan kerja ODP Bank Mandiri ini akan berlangsung hingga 30 Juni 2021.

Baca Juga: Tips Cari Kerja di Tengah Resesi untuk Fresh Graduate dan Karyawan Terdampak Covid-19

5. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

Jika latar belakang pendidikan Anda ANT I atau ANT II dan telah memiliki sertifikat minimal Pandu Tingkat II, Anda bisa melamar pekerjaan di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Perdaftaran ini akan berlangsung sampai 31 Mei 2021.

Untuk informasi persyaratan lebih lengkap, Anda bisa langsung mengunjungi akun Instagram resmi @pelindo3 dan segera mendaftarkan diri ke bit.ly/rekrutmenpandu-p3.

6. PT Bank Mandiri Taspen

Bank Mandiri Taspen merupakan mitra dari PT Taspen layanan keuangan tabungan dan asuransi pensiun milik negara untuk hari tua dan dana pensiun PNS atau ASN. Kini, Bank Mandiri Taspen membuka lowongan pekerjaan untuk Anda yang ingin bergabung menjadi Mantap Direct Sales (MDS).

Tak hanya yang sudah professional saja, tapi Anda yang baru saja lulus sekolah SMA/SMK/ Sederajat lainnya juga bisa melamar di Bank Mandiri Taspen. Anda bisa langsung mengirimkan lamaran melalui Bank Mandiri Taspen terdekat di wilayah Anda atau ke email rekrutmen@bankmantap.co.id.

7. PT Astra Graphia Information Technology

Bagi Anda yang menyukai dunia teknologi dan memiliki kemampuan di bidang perangkat lunak terutama UI/UX, developer dan database, PT Astra Graphia Information Technology sedang membuka lowongan kerja di bidang tersebut.

Ini menjadi kesempatan buat Anda untuk berkarir di dunia IT. Segera apply lowongan kerja melalui https://karirhub.kemnaker.go.id/.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Belum Usai, Simak 10 Tren Lingkungan Kerja Ideal Tahun 2021

8. PT Astra Honda Motor

Salah satu perusahaan kendaraan, yaitu PT Astra Honda Motor saat ini sedang memberikan kesempatan kepada Anda yang ingin bekerja dan bergabung menjadi bagian dari PT Astra Honda Motor. Ada beberapa bagian yang dibuka, yaitu:

  • IT Analyst/Engineer
  • IT Junior Software / Hardware Engineer
  • Technical Service Officer
  • Customer Relation Analyst
  • Procurement Engineering Analyst

Anda bisa mendapatkan informasi lengkapnya dan apply lowongan kerja di PT Astra Honda Motor di website https://www.astra-honda.com/career.

Siapkan Diri dan Lamaran Kerja dengan Maksimal

Di kondisi yang masih pandemi Covid-19 ini, mendapatkan pekerjaan sangat penting bagi lulusan baru atau masyarakat yang terkena PHK di perusahaan sebelumnya. Dengan mendapatkan pekerjaan, selain memperoleh penghasilan, tentunya Anda bisa mengembangkan karir menjadi lebih baik kedepannya.

Agar cepat mendapatkan pekerjaan, Anda perlu mempersiapkan diri dan lamaran kerja dengan maksimal. Jika semua telah siap, maka perusahaan juga akan melihat sisi positif dari Anda dan kemungkinan besar mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Pastikan Anda apply lowongan pekerjaan di situs resmi perusahaan terkait atau melalui situs lowongan kerja resmi agar terhindar dari penipuan.

Baca Juga: Tips Sukses Kerja Sampingan di Masa Pandemi Corona

 



Sumber