Kamu pasti pernah mendengar tentang berbagai manfaat teh untuk kesehatan tubuh. Hampir semua jenis tumbuhan teh, baik itu teh hitam, teh hijau, maupun teh putih, mampu memberikan khasiat menyehatkan yang sayang untuk dilewatkan. Namun, pernahkan kamu mendengar tentang apa itu tea tree oil yang akhir-akhir ini kian populer di dunia kecantikan? 

Sebenarnya, tea tree oil atau minyak pohon teh sudah lama dipahami sebagai produk kecantikan yang manjur untuk menyehatkan kulit. Namun, nyatanya manfaat tea tree oil ini tak hanya sebatas untuk mempercantik tampilan kulit saja. 

Asal kamu tahu, minyak pohon teh ini juga menyimpan segudang manfaat lainnya untuk kesehatan, mulai dari menyembuhkan luka, menumpas kutu rambut, hingga menjadi deodoran alami bagi tubuh. Bahkan, tak hanya bisa diaplikasikan pada kulit ataupun rambut, tea tree oil juga dapat digunakan sebagai obat kumur serta pembasmi serangga.

Lantas, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan tea tree oil ini? Juga, jenis teh apakah yang terkandung dari minyak kecantikan ini serta manfaatnya bagi kesehatan? Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak ulasan tentang apa itu tea tree oil dan manfaat kesehatan yang diberikannya berikut ini. 

Baca Juga: Mau Dapatkan Kulit Sehat, Cantik, dan Berseri? Coba Lakukan Ini

Apa Itu Tea Tree Oil?

tea tree oil

Tea tree oil

Sebelum beranjak membahas tentang manfaat kesehatan apa saja yang diberikan, tentu lebih baik jika kamu memahami terlebih dahulu apa itu tea tree oil. Bagi kamu yang rutin melakukan aktivitas perawatan kulit atau kecantikan lainnya pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis minyak ini. 

Tea tree oil, biasa disebut juga dengan minyak pohon teh, kerap dikenal pula dengan sebutan minyak atsiri esensial dan minyak melaleuca. Hal ini disebabkan minyak ini adalah jenis minyak yang berasal dari olahan melaleuca atau sebuah genus dari pohon teh. Lebih tepatnya, minyak pohon teh ini didapat melalui pengolahan tanaman yang hanya bisa tumbuh di benua Australia, yakni Melaleuca Alternifolia. 

Proses pengolahan minyak pohon teh ini dilakukan dengan cara pengembunan sehingga bisa menghasilkan minyak. Dalam kata lain, tea tree oil ini bukan berasal dari tumbuhan teh yang sama dengan yang biasa dijadikan sebagai olahan minuman, ya. Melainkan dari genus pohon teh lainnya yang tumbuh secara khas di benua tetangga, Australia. 

Karena beragam manfaat yang dimilikinya, tea tree essential oil menjadi salah satu produk primadona di dunia kecantikan. Tak hanya berkhasiat mempercantikan penampilan kulit, tea tree essential oil juga dapat memberikan aroma wangi bagi tubuh serta menyehatkan rambut. Tak hanya itu, selama 100 tahun belakangan ini, tea tree essential oil banyak dimanfaatkan sebagai minyak antiinflamasi dan antiseptik serbaguna di negara asalnya, Australia. 

Baca Juga: Minyak Kutus Kutus, Produk Healing Oil yang Manjur Menyembuhkan Beragam Penyakit Kronis

Beragam Manfaat Tea Tree Oil untuk Kesehatan

Tak hanya untuk perawatan kulit agar nampak lebih cantik, tea tree essential oil juga menyimpan beragam manfaat lainnya untuk kesehatan. Agar lebih jelas, berikut adalah ulasan lengkapnya. 

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

    Manfaat tea tree oil yang mungkin tak banyak orang tahu adalah mampu membantu menyembuhkan luka. Caranya dengan mencampurkan minyak ini pada krim luka dan mengoleskannya pada luka. Namun, pastikan pemakaian krim tersebut sesuai petunjuk yang tercantum pada kemasannya.

  2. Menumpas Kutu Air

    Kutu air membuat kulit terlihat kemerahan dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengaplikasikan sekitar 20 sampai 25 tetes tea tree essential oil yang telah dicampur dengan seperempat cangkir arrowroot powder serta sedikit baking soda pada area yang terkena kutu air. Agar bertahan lama dan dapat digunakan kembali, kamu perlu menyimpan campuran ini pada wadah yang tertutup. 

  3. Meredakan Gejala Psoriasis 

    Psoriasis adalah masalah kesehatan yang menyebabkan kulit terlihat bersisik, kering, kasar, dan berwarna kemerahan. Dengan mengencerkan sekitar 1 sampai 2 tetes minyak melaleuca ini dengan essential oil lainnya dan mengoleskannya pada kulit, gejala psoriasis ini dapat diatasi. Meski begitu, pembuktian medis terhadap manfaat tea tree oil ini masih perlu dilakukan lebih lanjut. 

  4. Mengatasi Masalah Kesehatan Kulit 

    Berbagai macam masalah kesehatan kulit, seperti, peradangan, jerawat, kulit berminyak, gatal-gatal, hingga kulit kering akibat eksim memang bisa sangat mengganggu. Nah, mencampurkan minyak atsiri esensial dengan pelambap atau toner menjamin masalah kesehatan kulit tersebut tidak akan kembali terjadi pada kamu. 

  5. Dapat Dimanfaatkan Sebagai Hand Sanitizer Natural

    Hand sanitizer menjadi salah satu produk yang dapat membuat tangan lebih bersih dan mencegah virus dan bakteri untuk terus menempel pada kulit. Saat tiba-tiba hand sanitizer di rumah habis, kamu dapat menjadikan minyak ini sebagai penggantinya karena sama-sama memiliki sifat antiseptik, antimikroba, serta antiradang. Jadi, kamu dapat memanfaatkan minyak atsiri esensial ini sebagai pengganti hand sanitizer yang alami. 

  6. Hilangkan Bau Badan

    Tak hanya menjadi hand sanitizer alami, minyak atsiri esensial juga bisa dijadikan sebagai deodoran alami untuk hilangkan masalah bau badan. Keringat yang tercampur dengan bakteri akan menimbulkan bau tak sedap dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Dengan memanfaatkan minyak pohon teh ini, kamu dapat melawan bakteri penyebab bau badan dengan menggunakannya sebagai deodoran pada ketiak atau area tubuh yang mengeluarkan aroma tidak sedap lainnya. 

  7. Mengatasi Berbagai Masalah Rambut

    Minyak melaleuca tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Namun juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi berbagai masalah yang menimpa rambut dan kulit kepala yang mengganggu. 

    Sebagai contoh, kamu dapat memanfaatkan minyak esensial tea tree untuk mengatasi masalah kutu rambut dengan cara mencampurkannya dengan shampoo yang memiliki kandungan nerolidol menggunakan rasio 1:2. Dengan begitu, kutu rambut sekaligus telurnya dapat ditumpas sepenuhnya. 

    Selain itu, masalah ketombe serta kulit mati juga dapat diatasi dengan minyak pohon teh. Pasalnya, kandungan pada minyak tersebut mampu membuat rambut senantiasa lembap serta terjaga pertumbuhannya. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu tinggal menjadikan minyak esensial ini selayaknya conditioner pada rambut.

  8. Agen Anti Jamur dan Anti Bakteri

    Khasiat tea tree oil selanjutnya adalah sebagai agen anti jamur dan juga anti bakteri dengan spektrum yang lebih luas. Artinya, kandungan dalam minyak ini cukup ampuh untuk mencegah respirasi, juga meningkatkan permeabilitas dari bakteri sitoplasma serta membran plasma pada sel ragi. 

  9. Sebagai Obat Kumur

    Siapa bilang tea tree essential oil hanya bisa diaplikasikan pada bagian luar tubuh, seperti, kulit dan rambut saja? Minyak asal Australia ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif dari obat kumur, lho! Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan sedikit tea tree oil pada segelas air hangat, kemudian menggunakannya untuk berkumur selama kira-kira 30 detik. 

    Kesehatan mulut dan gigi juga turut terjaga saat menjadikan minyak esensial ini sebagai obat kumur. Penyakit mulut, seperti radang gusi yang menyebabkan gejala peradangan serta pendarahan, pun dapat diatasi dengan cara ini. 

    Namun, tetap hati-hati saat menggunakan minyak esensial ini sebagai obat kumur. Jangan sampai menelan air campuran ini karena kandungan tea tree oil bisa bersifat toxic bagi tubuh.

  10. Membasmi Serangga dan Pembersih Lantai

    Terakhir, tea tree oil dapat berkhasiat untuk mengusir berbagai macam serangga, seperti lalat dan nyamuk di rumah. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan minyak atsiri esensial ini sebagai pembersih lantai serta perabotan dengan mencampurkan sekitar 20 tetes minyak tersebut dengan segelas air, dan setengah gelas cuka apel. 

Tetap Perhatikan Pemakaian Tea Tree Oil agar Terhindar dari Risiko Efek Sampingnya

Pada dasarnya, pemakaian tea tree oil untuk kesehatan aman saja untuk dilakukan. Meski begitu, sebagian orang dengan kondisi kulit sensitif mungkin akan mengalami reaksi alergi saat mengaplikasikan minyak esensial ini pada kulit. Agar terhindar dari risiko efek sampingnya, kamu sebaiknya mencampurkan minyak pohon teh tersebut dengan essential oil lainnya. Seperti, minyak almond, minyak kelapa, atau minyak zaitun, atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Baca Juga: Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut



Sumber