Dunia kerja mengalami banyak sekali perkembangan sejak kehadiran internet. Bukan hanya membuka banyak peluang kerja yang baru, perubahan juga terjadi pada beberapa bidang pekerjaan yang sudah ada sejak lama. 

Jika dulu menulis menjadi salah satu pekerjaan yang kurang diminati, maka hal sebaliknya justru terjadi saat ini. Kehadiran berbagai media online bisa membuka lebih banyak peluang kerja di bidang menulis. Hal ini membuat lebih banyak orang melirik profesi penulis sebagai pekerjaan tetap, barangkali kamu salah satunya.

Penulis

Jika kamu tertarik menjadi penulis tetap, maka ini bisa saja menjadi waktu yang tepat untuk memulainya. Saat ini ada banyak peluang kerja di bidang tersebut, kamu bahkan bisa menjalankannya secara online. 

Profesi sebagai penulis akan memungkinkan kamu bekerja secara mandiri, tanpa harus bergabung dengan sebuah perusahaan. Namun meski begitu, hal ini tentu harus kamu lakukan dengan cara yang profesional. Ini penting, untuk memastikan bahwa kelak kamu bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal dari pekerjaan yang satu ini.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang wajib kamu pahami, jika kamu berniat menjadi seorang penulis tetap:

 

1. Kamu harus memiliki ketekunan dalam menulis

Penulis tidak serta merta menjadi hebat dan memiliki nama besar dengan begitu saja. Beberapa penulis besar bahkan harus melewati proses yang panjang dan tidak mudah untuk bisa meraih kesuksesan mereka. 

Sama dengan profesi lainnya, menulis juga membutuhkan ketekunan yang tinggi. Kamu perlu mempelajari banyak hal, termasuk melakukan berbagai riset untuk setiap karya yang akan kamu “lahirkan”. Semua ini membutuhkan proses dan waktu yang tidak singkat.

Jika kamu benar-benar berniat menjadi seorang penulis tetap yang profesional, kamu harus bisa menikmati proses belajar. Semua ini akan membutuhkan usaha yang keras, apalagi jika kamu ingin menjadi penulis buku atau karya lainnya yang membutuhkan proses penulisan panjang. Kamu harus tekun dan tidak mudah menyerah, sebab proses ini kadang tidak mudah.

2. Hasilnya tidak instan dan kamu butuh kesabaran

Menulis tidak akan memberikan kamu hasil yang instan, apalagi jika kamu menulis buku yang pada umumnya hanya mendapatkan royalti dari penerbit. 

Artinya, setelah buku tersebut dijual dan laku, maka kamu baru menerima sejumlah royalti secara berkala dari penerbit (biasanya 2 kali dalam setahun). Semua ini tentu tidak mudah, apalagi jika kamu menjadikan pekerjaan ini sebagai sumber penghasilan utama. 

Kamu harus memiliki kesabaran yang tinggi untuk menjadi penulis yang sukses. Ada banyak hal yang mungkin tidak terjadi di luar dugaanmu, seperti: penolakan dari penerbit, proses revisi panjang yang menguras energi, dan yang lainnya. Jika tidak memiliki kesabaran, semua ini tentu akan menyulitkan.

3. Butuh disiplin yang tinggi

Pekerjaan menulis memang tampak santai dan mudah dilakukan, apalagi pekerjaan ini bisa “dibawa” ke mana saja. Tempat yang fleksibel dan deadline yang tidak selalu ketat merupakan godaan tersendiri dalam menulis. 

Pekerjaan ini tidak akan pernah selesai, jika kamu selalu menunda dan memiliki alasan untuk tidak segera mengerjakannya secara maksimal. Namun jika ingin sukses, kamu harus memiliki disiplin yang tinggi sejak awal. Kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik dan menjadikan pekerjaan ini sebagai prioritas utamamu.

4. Passion di bidang ini akan mempermudah langkahmu

Pada dasarnya semua pekerjaan akan lebih mudah dilakukan jika kamu punya passion di dalamnya, begitu juga dengan menulis. Jika sejak awal kamu sudah memiliki passion di bidang menulis, maka kamu tentu akan lebih mudah untuk menghadapi berbagai tantangan di dalamnya. 

Kamu akan memiliki gairah kerja yang bagus sepanjang waktu, meskipun pekerjaan ini memberimu banyak tantangan yang tidak mudah. Kamu juga akan bisa menikmati semua prosesnya dengan nyaman dan menyenangkan, sehingga hasil yang didapatkan juga lebih maksimal.

5. Selalu siap dengan perubahan

Di dalam dunia menulis, berbagai perubahan sangat mungkin kamu alami. Aturan dalam menulis, revisi besar-besaran secara mendadak, bahkan penghasilan yang tidak tetap merupakan beberapa di antaranya. 

Kamu harus membiasakan diri dengan berbagai perubahan yang selalu bisa datang kapan saja seperti ini. Isi tulisanmu juga tentu akan selalu mengikuti berbagai tren dan juga informasi terkini lainnya yang sedang berkembang. 

Semua ini akan menjadi tantangan yang tidak mudah, jadi kamu harus siap untuk menghadapinya sejak awal.

Persiapkan Dirimu Menjadi Penulis Sukses

Profesi sebagai penulis cukup banyak dilirik belakangan ini, terutama setelah perkembangan dunia informasi yang semakin pesat. Jika kamu tertarik untuk terjun ke dalamnya, pastikan kamu memahami dengan baik apa saja tantangan dalam pekerjaan ini. Persiapkan dirimu untuk mempelajari banyak hal dan berproses, sehingga kelak kamu bisa menjadi penulis profesional yang sukses. 

 



Sumber