Apa kamu sudah memiliki kartu kredit? Atau kamu lagi bingung mau bikin atau tidak?

Kartu kredit merupakan alat transaksi pembayaran praktis nontunai atau cashless yang mudah, aman dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat.

Bisa dibilang saat ini hampir seluruh kegiatan transaksi kebutuhan hidup hingga gaya hidup zaman sekarang jadi semakin mudah jika kita memiliki kartu kredit.

Tahukah kamu jika kamu bisa mendapat untung lebih ketika transaksi dengan kartu kredit dibandingkan kartu debit? Ya, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kartu kredit secara bijak dan aktif. 

So, kamu tak perlu ragu atau takut memiliki alat pembayaran yang satu ini. Sebaiknya pahami dulu apa saja alasan mengapa kamu harus memiliki kartu kredit. Simak ulasannya dari cermati.com berikut ini: 

Baca Juga: Waspadai 7 Modus Penipuan Online Zaman Now dan Cara Menghindarinya

1. Transaksi Jadi Lebih Mudah

Saat kamu harus melakukan transaksi tapi tidak memegang uang tunai atau tidak memiliki yang yang cukup. Tenang, tak perlu panik atau bingung cari pinjaman uang sebab kartu kredit siap membantumu.

Kartu kredit bermanfaat sekali dalam membantu transaksi apapun, mulai belanja online hingga offline. Semua transaksi keuanganmu jadi lebih mudah dan lebih untung apalagi pembayaran dengan kartu kredit selalu ada beragam promo, cashback yang bisa kamu nikmati. 

2. Praktis

Bayangkan, dengan memiliki satu kartu kredit saja kamu bisa melakukan transaksi apapun dan kamu tak perlu repot lagi harus bawa uang tunai dalam jumlah besar saat bepergian/belanja atau harus menunggu tanggal gajian dulu jika ingin berbelanja. 

Semua bisa bayar pakai kartu kredit mulai dari belanja online beli elektronik, makanan, baju, hingga bayar tagihan bulanan (tagihan listrik, air, internet, tv kabel, dan lain sebagainya) .

Transaksi dengan kartu kredit tidak cuma praktis saja tetapi bisa membuat kamu jadi makin paham tentang keuanganmu.

Sebab kartu kredit mengumpulkan dan mencatat setiap transaksi yang kamu lakukan. Semua transaksimu akan masuk ke dalam riwayat tagihan bulanan sehingga kamu tidak perlu lagi bingung kemana saja uangmu mengalir sebab semua sudah terekam di kartu kredit. 

3. Memberikan Keamanan

Setiap orang pasti tidak ingin mengalami kehilangan uang. Selain mengesalkan, kehilangan uang tentunya juga akan merugikan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memastikan uangmu selalu aman.

Namun dengan kartu kredit kita tidak perlu lagi takut kehilangan uang, karena seperti yang dijelaskan di poin pertama, dengan kartu kredit kita tidak perlu lagi membawa uang tunai.

Jadi, kita tidak perlu merasa cemas saat berjalan atau berada di tengah keramaian. Hanya perlu menjaga satu kartu dan data-data pribadi perbankan kamu supaya tetap aman.

Ingat ya, data-data pribadi yang sifatnya rahasia seperti nomor kartu kredit, nomor CVV (card verification value), kode OTP (one time password), nama ibu kandung harus kamu jaga dengan baik. 

Baca Juga: Waspadai 6 Modus Penipuan Minta Data Transaksi dan Info Pembayaran Kartu Kredit

4. Fleksibel

Dengan kartu kredit, kamu bisa melakukan transaksi kapan saja dan dari mana saja. Pastinya, di zaman sekarang, dengan kartu kredit belanja online makin gampang. 

Contohnya, kamu lagi butuh laptop untuk mendukung keperluan kerja dari rumah supaya lebih produktif. Namun kondisinya, uang tabunganmu belum cukup untuk beli laptop seharga Rp5 juta. Padahal laptop merek incaranmu lagi diskon flash sale. Nah, keuntungnya jika kamu punya kartu kredit adalah kamu bisa langsung beli laptop tersebut.

Atau situasinya, kamu sedang jalan-jalan di mal dan melihat ada diskon handphone besar-besaran yang hanya berlaku dalam waktu cepat tapi kamu galau karena tanggal gajian masih lama. Gunakan saja kartu kredit, kamu tak perlu galau lama-lama dan segera miliki barang yang kamu butuhkan dan inginkan. 

Cara bayar belanja online dengan kartu kredit juga mudah sekali. Caranya, pilih pembayaran dengan kartu kredit lalu kamu tinggal isi data identitas diri, isi informasi kartu kredit (nama pengguna, nomor kartu kredit, kode Card Verification Code (CVC) atau Card Verification Value (CVV), masa kadaluwarsa kartu) dan klik bayar. 

5. Membantu Dalam Berhemat

Memiliki kartu kredit bisa membantu kamu untuk berhemat. Kartu kredit sering mengadakan kerjasama dengan tempat-tempat belanja, restoran, hotel, dan banyak hal lainnya.

Promosi yang dilakukannya seringkali sangat menguntungkan konsumen. Jika kamu punya kartu kredit, kamu bisa menikmati semua hal yang mereka tawarkan dengan segudang promo / diskon hingga rewards yang bisa membuatmu makin happy karena bisa lebih hemat.

Umumnya promo-promo yang diberikan seperti diskon 10%, 20% bahkan 70%. Belum lagi ada rewards berupa poin yang bisa kamu dapatkan dan tukarkan untuk belanja lagi nantinya.

Tentunya, kalau kamu transaksi pakai kartu debit, sangat jarang sekali ada promo atau diskon khusus, karena semua fasilitas itu hanya bisa di nikmati ketika kamu transaksi dengan kartu kredit. 

6. Melindungi Saat Keadaan Darurat 

Musibah dapat terjadi kapanpun, namun tidak selalu kita memiliki uang yang cukup untuk mengatasi musibah tersebut. Keuntungan punya kartu kredit adalah kamu bisa menggunakannya untuk kondisi darurat. Kartu kredit memberikan kepastian bahwa kamu akan selalu terlindungi dalam keadaan apapun.

Misalnya, kamu butuh uang untuk membayar tagihan rumah sakit atau beli obat-obatan. Selain itu, kondisi darurat lainnya bisa jadi seperti kamu membutuhkan uang tunai untuk keperluan yang sangat mendesak. 

Di sini, kartu kredit memiliki manfaat yang bisa membantumu yaitu kamu bisa mendapatkan pinjaman instan tanpa jaminan untuk mengambil uang di ATM. Fitur tarik tunai uang tunai pakai kartu kredit di mesin ATM ini bisa dilakukan tapi kamu juga harus paham dengan biaya dan bunganya ya. 

7. Aman, Bisa Transaksi Di Seluruh Dunia

Negara-negara di dunia memiliki mata uang yang mayoritas berbeda-beda sehingga kita harus terlebih dahulu punya uang lokal negara tersebut ketika travelling.

Namun apa yang terjadi jika kamu tidak sempat menukarkan uang ke uang lokal negara tersebut? Atau demi keamanan sebaiknya kamu tidak membawa uang tunai dalam jumlah besar saat traveling. 

Hal semacam inilah yang membuat kartu kredit sangat kamu perlukan. Kartu kredit adalah alat pembayaran universal yang berlaku di seluruh dunia. Transaksi apapun di negara manapun bisa dengan mudah dan praktis dilakukan selama kamu punya kartu kredit. 

Baca Juga: Data Bank Anda Tidak Ingin Dicuri? Lakukan Cara Ini

8. Tersedia Layanan Cicilan 0%

 

Kamu bisa langsung membeli barang idaman hingga tiket liburan dengan memakai kartu kredit. Kartu kredit memberikan fasilitas cicilan sehingga kamu bisa membayarnya dalam kurun waktu yang ditentukan. Misalnya, cicilan dengan bunga 0%. 

Jadi, kamu tak perlu bersedih atau menunggu berbulan-bulan untuk bisa punya laptop atau HP baru, apalagi jika kamu membutuhkan barang-barang yang sifatnya mendesak dan kamu butuhkan.

Bijak Gunakan Kartu Kredit

Itulah 8 keuntungan yang diberikan jika kamu memiliki kartu kredit. Dengan mengetahui manfaat yang bisa kamu dapatkan diharapkan kini kamu semakin paham dan tidak bingung lagi. 

Kuncinya adalah dengan memahami fungsi kartu kredit untuk membantu keuangan, bijaklah dalam menggunakannya sehingga kamu akan senantiasa merasakan manfaat baik dari kartu kredit, bukan sebaliknya.

Untuk kamu yang ingin punya kartu kredit, temukan dan ajukan sekarang juga kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhanmu di cermati.com. 

Baca Juga:  Cara Membuat Kartu Kredit Online Buat Newbie Biar Disetujui

 



Sumber