Sama-sama bergerak di bidang desain, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan UI designer dan juga graphic designer. Kedua profesi ini cukup populer dan banyak diminati, terutama setelah perkembangan internet yang semakin pesat belakangan ini. 

Hal ini tentu sangat masuk akal, mengingat ada banyak industri yang membutuhkan kemampuan keduanya. Kebanyakan orang menganggap keduanya memiliki tugas yang sama, barangkali kamu juga memiliki anggapan tersebut selama ini.

Pada dasarnya, UI designer dan juga Graphic designer memang memiliki tujuan yang sama di dalam pekerjaan mereka. Keduanya bertujuan untuk memberikan pengalaman dan juga respon yang maksimal dari para pengguna. 

Namun di dalam prakteknya, baik UI designer maupun Graphic designer justru memiliki tugas yang berbeda, sebab keduanya memang melakukan pekerjaan mereka pada tempat yang juga berbeda. Lalu, apa saja sebenanrnya tugas dari UI designer dan graphic designer secara detail? 

 

Ini Pekerjaan Graphic designer dan UI designer

Untuk mengenal lebih dalam perbedaan antara UI designer dan juga graphic designer, maka sangat penting bagi kamu memahami pekerjaan keduanya dengan jelas terlebih dahulu. Berikut ini adalah detail tugas yang dilakukan keduanya di dalam pekerjaan mereka:

UI Designer

UI Designer

UI design adalah salah satu bidang desain yang secara khusus menangani tentang desain sebuah produk. Bidang ini tentu akan sangat berkaitan dengan berbagai pengalaman yang bisa didapatkan para pengguna dalam aplikasi yang mereka pakai. UI atau User Interface itu sendiri memiliki arti antarmuka pengguna. 

Di dalam prakteknya, tampilan dari sebuah aplikasi memang akan sangat berpengaruh pada kualitas interaksi yang terjadi di antara pengguna dan juga aplikasi itu sendiri. Kualitas tersebutlah yang akan menjadi tujuan dari tugas seorang UI designer, di mana merekalah yang akan bertanggung jawab atas hal tersebut. 

UI designer akan membuat desain visual dari sebuah produk, sehingga produk tersebut bisa digunakan dengan nyaman oleh para penggunanya.

Graphic Designer

Graphic Designer

Graphic designer adalah orang yang bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan ataupun cerita kepada para pengguna aplikasi. Tidak selalu menggunakan kata-kata, pesan ini bisa saja disampaikan dalam bentuk lainnya, termasuk gambar. 

Di dalam menjalankan tugasnya, seorang designer graphic akan bisa saja menggunakan berbagai elemen visual dalam menyampaikan pesan kepada para pengguna aplikasi tersebut. 

Pesan yang disampaikan ini dapat digunakan dengan banyak tujuan, seperti: mendukung pekerjaan customer service, pemasaran, seni, dan yang lainnya. Jika melihat detail tugasnya, designer graphic memang menjadi salah satu pekerjaan yang menantang dan akan selalu membutuhkan kreativitas yang tinggi sepanjang waktu. 

Baca Juga: Programmer Software semakin Dibutuhkan di Masa Pandemi? Ini faktanya

Perbedaan UI Designer dan Graphic Designer

UI Designer dan Graphic Designer

Meski keduanya sama-sama mendesain “wajah” dari sebuah brand, pada dasarnya UI designer dan juga graphic designer memiliki perbedaan yang cukup besar. Keduanya akan mengerjakan proyek atau desain di area yang berbeda, sehingga hasil kerjanya yang didapatkan juga memang berbeda. 

UI designer akan fokus untuk mendesain tampilan sebuah aplikasi atau produk yang mereka tangani. Hal ini bertujuan untuk mempermudah para pengguna aplikasi tersebut mencapai tujuan mereka di dalam aplikasi yang mereka gunakan. 

Dalam menyelesaikan pekerjaannya, UI designer biasanya menggunakan beberapa tools yang berbeda, seperti: Zeplin, Adobe XD, Figma, dan yang lainnya. 

Sementara di lain sisi, Graphic designer justru bertugas untuk fokus menyampaikan pesan saja. Hal ini biasanya dilakukan oleh sebuah perusahaan atau brand untuk para audiens yang mereka tuju. 

Dalam menjalankan tugasnya, graphic designer juga menggunakan beberapa tools yang berbeda, antara lain: Adobe Photoshop, Procreate, Adobe Illustrator, dan yang lainnya. 

Baca Juga: Ingin jadi Sekretaris Profesional? Kuasai Skill Ini Dulu

Jika melihat tugas keduanya, baik UI designer maupun graphic designer memang memiliki tanggung jawab yang juga berbeda ketika bekerja. Namun sebuah perusahaan bisa saja membutuhkan keduanya di saat bersamaan, terutama ketika sedang berusaha membangun brand menjadi lebih besar atau dikenal lebih luas lagi. 

Di luar kedua pekerjaan tersebut, dunia desain juga memiliki banyak pekerjaan lainnya yang tak kalah menarik, visual designer adalah salah satu di antaranya. Bidang yang satu ini akan bertanggung jawab untuk mengkreasikan suara dan juga gaya dari sebuah brand. 

Selain itu, ada beberapa pekerjaan populer lainnya di dunia design, antara lain: web design, desainer interior, fashion designer, designer produk, dan yang lainnya.  

Tujuan Sama namun Memiliki Tugas yang Berbeda

Bagi kamu yang tertarik terjun ke dunia design, memilih UI designer atau graphic designer bisa menjadi pertimbangan. Keduanya memiliki tujuan yang sama di dalam pekerjaannya, namun dengan tugas dan area kerja yang berbeda. Pahami perbedaan kedua pekerjaan ini dengan baik, agar kamu bisa memilih salah satu yang paling sesuai untuk karirmu di masa yang akan datang.

Baca Juga: Product Marketing: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan Biar Karier Moncer

 



Sumber