kehilangan kartu kredit

Kehilangan kartu kredit bisa terjadi kapan saja, bahkan tanpa kamu sadari sama sekali. Pastikan kamu menghindari masalah dan kerugian akibat kehilangan kartu kredit seperti ini, agar kamu tidak sampai berurusan dengan tagihan yang tidak kamu kenal di masa yang akan datang. 

Tidak perlu panik, cara yang tepat bisa saja mengatasi kondisi tersebut dengan baik. Sesaat setelah kamu menyadari sudah kehilangan kartu kredit tersebut, pastikan kamu segera melakukan tindakan yang paling tepat untuk mengamankan kondisi yang sedang kamu hadapi.

Berikut ini adalah beberapa langkah penting, yang wajib segera kamu lakukan setelah kehilangan kartu kredit:

 

1. Cobalah mengingat posisi terakhir

kamu tetap harus tenang setelah mengetahui jika kartu kredit kamu hilang. Hal ini akan memudahkan kamu untuk berpikir jernih dan mengingat kembali kapan terakhir kalinya kamu memegang kartu tersebut. 

Cobalah untuk mengingat dimana terakhir kalinya kamu menggunakan atau bahkan menaruh kartu kredit kamu, sehingga kamu memiliki gambaran yang lebih jelas tentang keberadaan kartu tersebut. Jika sudah ingat, maka segera cek tempat/ lokasi di mana kira-kira kamu menyimpan kartu kredit kamu.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mulai mengecek transaksi terakhir yang kamu lakukan dengan kartu kredit tersebut. Hal ini bisa kamu lihat melalui tagihan terakhir kartu kredit tersebut. 

kamu bisa bisa melakukan pengecekan melalui layanan SMS Banking dengan cepat dan mudah, sehingga kamu bisa mengingat dengan jelas kapan terakhir kalinya kamu menggunakan kartu kredit kamu. Cara ini biasanya bisa membuat kamu lebih mudah mengingat dimana kamu menyimpannya.

Baca Juga: Kartu Kredit Hilang dan Dipakai Orang? Ini Solusinya

2. Laporkan kepada pihak bank penerbit kartu kredit 

Jika kamu belum bisa menemukan kartu kredit tersebut dengan cara di atas, maka jangan menunda untuk segera membuat laporan kepada pihak bank. Hubungi bank penerbit kartu kredit kamu dan sampaikan kondisi kehilangan yang kamu alami secara detail. 

kamu bisa menghubungi pihak bank dengan cepat melalui sambungan telepon. Mintalah pihak bank untuk segera melakukan pemblokiran kartu kredit tersebut.

Dalam proses ini, pihak bank biasanya akan menanyakan beberapa informasi detail tentang data diri kamu dan juga kartu kredit tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu memang benar-benar pemegang kartu kredit tersebut. 

Siapkan nomor kartu kredit terlebih dahulu, kamu bisa menjualnya dari lembar terakhir tagihan kamu atau bahkan melalui layanan SMS Banking. Berikan informasi yang jelas, agar pihak bank bisa segera memproses laporan kamu dengan baik.

3. Buat laporan kepada pihak kepolisian

Jangan lupa untuk segera membuat laporan kehilangan kepada pihak kepolisian terdekat. kamu bisa datang ke kantor polisi terdekat dan sampaikan kejadian yang kamu alami secara detail. 

Mintalah surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian, agar kamu bisa segera mengurus pembuatan kartu kredit pengganti yang baru. Bawa surat ini ke bank penerbit kartu kredit kamu, agar kartu kredit pengganti bisa segera diproses oleh mereka. 

Baca Juga: Cara Mengurus Kartu Kredit Hilang

4. Cek transaksi kartu kredit kamu

Saat kamu belum menerima kartu kredit yang baru dari pihak bank, maka kamu juga perlu mengecek daftar transaksi di kartu kredit kamu yang hilang. kamu harus memastikan bahwa kartu kredit tersebut sudah benar-benar terblokir dan tidak aktif lagi, sehingga tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. 

Jika ternyata kamu menemukan transaksi yang baru di sana, maka kamu bisa mengajukan klaim keberatan kepada pihak bank. Hal seperti ini bisa dilakukan, jika sebelumnya kamu sudah mengajukan laporan kehilangan kepada pihak bank dan juga kepolisian.

5. Pastikan kartu kredit lama sudah ditutup oleh pihak bank

Jangan lupa untuk memastikan bahwa pihak bank sudah benar-benar melakukan penutupan akun kartu kredit kamu yang lama. Ajukan hal ini saat membuat laporan kepada pihak bank, sehingga kelak kartu kredit tersebut sudah tidak akan menimbulkan masalah lagi bagi kamu. 

Bagaimanapun juga, kamu tentu tidak ingin membayar tagihan orang lain di masa yang akan datang, bukan?

Ambil Langkah Tepat saat Kartu Kredit Hilang

Jika kamu kehilangan kartu kredit, pastikan kamu tidak panik dan kebingungan menghadapi kondisi ini. kamu perlu memastikan keberadaan kartu tersebut dengan segera. 

Jika tidak ditemukan, pastikan kamu segera melapor dan memblokir kartu tersebut kepada pihak bank. Lakukan langkah yang tepat dengan segera, agar kamu tidak sampai mengalami masalah akibat kondisi tersebut.

Baca Juga: Hindari Penyalahgunaan Kartu Kredit, Kenali Sistem Keamanannya

 



Sumber