Semakin banyak pengguna pinjaman online di Indonesia baik untuk kebutuhan sehari-hari sampai modal usaha membuat investasi jenis P2P atau peer-to-peer Lending semakin diminati.

Peer to Peer Lending (P2P Lending) ini merupakan platform yang menghubungkan antara orang yang mau meminjam dana (borrower) dan investor sebagai pemberi pinjaman (lender).

Dengan investasi P2P Lending, maka investor akan menerima pengembalian pokok pinjaman dan bunga atas pinjaman tersebut. Itu kenapa investasi P2P Lending menjadi instrument favorit terbaru karena kemudahan dan keuntungannya.

Faktor lain yang membuat investasi ini semakin populer pun tidak hanya jumlah pengguna aplikasi pinjaman online yang semakin banyak tapi juga return atau keuntungannya yang tinggi. Itu sebabnya, saat ini platform P2P Lending pun semakin canggih saja karena mengikuti semakin meningkatnya kepopuleran investasi P2P Lending.

Sama seperti instrumen investasi lainnya, investasi P2P Lending pun memiliki teknologi yang bisa mempermudah investor dalam memahami investasi P2P Lending, memaksimalkan return bahkan sampai merekomendasikan jangka waktu investasi yang cocok dan paling menguntungkan, yaitu RoboLending.

 

Pengertian RoboLending

RoboLending

Sama seperti RoboAdvisor pada investasi reksadana dan saham. RoboLending adalah tool/alat yang digunakan platform investasi P2P untuk membantu para investor dalam memaksimalkan keuntungan dari aset yang sudah diinvestasikan sesuai jangka waktu yang dikehendaki.

Tidak hanya itu, RoboLending juga memiliki potensi keuntungan sudah diestimasi lengkap dengan jangka waktunya sehingga investor dapat dengan mudah memilih untuk menginvestasikan modalnya hingga potensi keuntungan tersebut tercapai di setiap fiturnya.

RoboLending juga bisa mempertemukan pemberi pinjaman dan peminjam secara otomatis. Dana dari pemberi pinjaman akan disalurkan kepada banyak peminjam yang memenuhi syarat sehingga tidak perlu repot meluangkan waktu untuk memilih peminjam satu per satu.

RoboLending menggunakan Algoritma untuk mengotomatisasikan seluruh proses investasi, berinvestasi investasi yang sudah ditentukan mulai dari Rp100.000 hingga tingkat keuntungan terpenuhi sesuai jangka waktunya.

Dengan fitur RoboLending, setiap investor bisa mendapatkan pengembalian sesuai bunga yang tadinya tertera di dalamnya di akhir jangka waktunya, menggunakan metode pengembalian Lump Sum.

Baca Juga: Anti Missqueen, Milenial Wajib Coba Investasi Fintech P2P Lending

Manfaat RoboLending di Investasi P2P Lending

Selain menjadi manajer investasi pada investasi P2P Lending, Robo Lending juga memiliki beberapa manfaat lain yang tidak hanya mempermudah kamu dalam berinvestasi di platform P2P Lending tapi juga meningkatkan keuntungannya. Berikut beberapa manfaat lain dari RoboLending:

1. Meminimalisir Risiko

RoboLending bisa mempertemukan kamu sebagai investor dengan peminjam dana berpotensi. RoboLending akan memfilter setiap calon peminjam dana dan akan merekomendasikan calon peminjam dana yang memiliki potensi untuk mengembalikan dana pinjaman yang merupakan aset investasi kamu sesuai jangka waktu yang ditentukan.

Jadi, dengan RoboLending kamu tidak perlu khawatir uang kamu dialirkan ke orang yang salah.

2. Lebih Praktis dan Mudah

Karena perannya juga sebagai manajer investasi, RoboLending yang akan mengolah dana investasi dan juga memberikan update mengenai perkembangan aset investasi kamu secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mengecek investasi kamu setiap saat.

3. Menawarkan Fleksibilitas

RoboLending memungkinkan kamu untuk memilih preferensi risiko dan jangka waktu investasi kamu sendiri.

Jadi selain merekomendasikan atau secara otomatis mengalirkan dana investasi kamu ke peminjam dana yang tepat. RoboLending juga memberikan kamu fleksibilitas dan kebebasan dalam berinvestasi, tapi tetap membantu kamu dalam mengolah juga mengurus dana investasi kamu secara maksimal.

4. Memaksimalkan Keuntungan

RoboLending sangatlah berpotensi dalam memberikan kamu keuntungan yang berkali-kali lipat dari investasi P2P Lending, dengan memberikan kamu rekomendasi calon peminjam dana, jangka waktu sampai informasi terbaru terkait investasi P2P Lending yang bisa meningkatkan returns investasi.

Baca Juga: Pebisnis Muda Jangan Takut Kurang Modal, Manfaatkan saja P2P Lending. Ini Keuntungannya!

Investasi Makin Aman di Fintech Lending yang Telah Terdaftar di OJK

Fintech Lending

Untuk kamu yang ingin memulai berinvestasi di P2P Lending, berikut ini adalah daftar perusahaan Fintech Lending yang sudah mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) per Mei 2021:

  1. Indodana https://www.indodana.id/
  2. Danamas https://p2p.danamas.co.id
  3. PT Pasar Dana Pinjaman Investree https://www.investree.id
  4. PT Investree Radhika Jaya Amartha https://amartha.com
  5. PT Amartha Mikro Fintek DOMPET Kilat https://www.dompetkilat.co.id
  6. PT Indo Fin Tek KIMO http://kimo.co.id
  7. PT Creative Mobile Adventure TOKO MODAL https://www.tokomodal.co.id
  8. PT Toko Modal Mitra Usaha UANGTEMAN https://uangteman.com
  9. PT Digital Alpha Indonesia Modalku https://modalku.co.id
  10. PT Mitrausaha Indonesia Grup KTA KILAT http://www.pendanaan.com
  11. PT Pendanaan Teknologi Nusa Kredit Pintar http://kreditpintar.co.id
  12. PT Kredit Pintar Indonesia Maucash http://maucash.id
  13. Finmas https://www.finmas.co.id
  14. PT Oriente Mas Sejahtera KlikACC https://klikacc.co.id
  15. PT Aman Cermat Cepat Akseleran https://www.akseleran.co.id

Daftar selengkapnya bisa klik link ini: https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx

Semakin Canggih, Investasi jadi Makin Asik

Dengan adanya teknologi pendukung kegiatan investasi seperti RoboLending saat ini, harusnya membuat kamu yang belum pernah berinvestasi atau yang ingin mencoba tapi masih ragu tidak lagi menunda-nunda berinvestasi. Yuk tingkatkan kualitas finansial pribadi kita dengan berinvestasi secara tepat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Robo Advisor: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya dalam Investasi

 



Sumber