Kepribadian seseorang tentu akan menentukan banyak hal atau aspek di dalam kehidupan orang tersebut. Kondisi ini juga akan berkaitan dengan potensi kerja yang dimilikinya. 

Hal seperti ini bahkan sudah dikemukakan sejak puluhan tahun silam oleh William Moulton Marston, seorang psikolog ternama pada zamannya. Di tahun 1928, William mengemukakan teori DISC yang menjadi teori kepribadian pertama dan banyak digunakan hingga saat ini.

 

Apa dan bagaimana teori DISC digunakan?

Teori kepribadian DISC

Dalam bukunya yang berjudul “Emotions for Normal People”, Marston menjelaskan bagaimana ekspresi perilaku emosi seseorang pada dasarnya bersumber dari persepsi orang tersebut atas hubungannya dengan lingkungannya. Hal ini dikategorikan Marston dalam 4 tipe yang berbeda, yakni:

  • Dominance (D)

Dominance merupakan perilaku yang memfokuskan diri untuk pencapaian hasil, di mana orang-orang dengan kepribadian ini biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

  • Inducement (I)

Inducement merupakan perilaku yang fokus pada beberapa hal sekaligus, yakni: kemampuan dalam mempengaruhi orang lain, hubungan, dan juga keterbukaan. 

  • Submission (S)

Submission merupakan perilaku yang menekankan diri pada kemampuan bekerjasama, ketulusan, dan juga ketergantungan.

  • Compliance (C),  

Compliance merupakan perilaku yang memfokuskan diri pada kualitas dan juga akurasi, keahlian, dan juga kompetensi. 

Di dalam perkembangannya, tes kepribadian ini pada akhirnya dikenal luas dan masih dipakai dalam proses rekrutmen. Banyak hal yang bisa diketahui melalui tes DISC, beberapa di antaranya: kemampuan memahami diri sendiri, kemampuan menanggapi konflik, hal-hal yang menyebabkan stres, motivasi diri, termasuk kemampuan untuk menyelesaikan masalah. 

Baca Juga: Tips Berkomunikasi Bagi yang Punya Kepribadian Ekstrovert dan Introvert

Teori DISC untuk memilih karir yang tepat

Kepribadian DISC

Jika melihat kenyataan di atas, jelas teori DISC bisa memberikan gambaran kepribadian seseorang terkait dengan kemampuan kerjanya. Teori ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk memilih bidang karir yang tepat. 

Hal ini akan sangat membantu, terutama untuk orang-orang yang sama sekali belum memiliki gambaran tentang pilihan karirnya di masa yang akan datang.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi karir berdasarkan tipe kepribadian DISC: 

Rekomendasi karier bagi yang berkepribadian Dominance (D)

Tipe kepribadian yang satu ini termasuk orang yang individualistis. Tipe Dominance ini pada umumnya mandiri dalam menjalankan berbagai rutinitas dan juga aktivitas hariannya. Dengan sifat mandiri yang begitu kuat, orang-orang dengan tipe kepribadian ini pada umumnya tertarik untuk menduduki posisi otoritas. 

Tipe Dominance bisa jadi sumber motivasi yang begitu besar, dan mereka juga mampu bekerja dengan agresif untuk bisa mencapai hasil kerja yang paling efisien sekalipun.

Pada umumnya, tipe dominance akan lebih sering menekuni karir independen. Sebagian besar bahkan lebih memilih untuk menekuni pekerjaan yang memungkinkan mereka bekerja mandiri (individualis).

Jika ingin berkarir di sebuah perusahaan, maka posisi sebagai Operation Manager adalah jabatan yang sesuai untuk tipe Dominance.

Rekomendasi karier bagi yang berkepribadian Inducement (I)

Tipe kepribadian Inducement pada umumnya memiliki sifat terbuka dan terbilang mudah untuk didekati. Hal tersebut membuat tipe kepribadian yang satu ini cenderung mudah terlibat atau terhubung dengan banyak orang. 

Tipe Inducement bisa menikmati kebersamaan dengan banyak orang, mereka bahkan selalu menemukan cara untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Di dalam kesehariannya, tipe Inducement akan bisa berkembang dengan cepat dan menghasilkan berbagai ide baru, selalu kreatif, dan bahkan bisa terhubung secara konsisten dengan orang lain.

Kepribadian yang satu ini juga akan menyukai lingkungan kerja yang memungkinkan mereka berkolaborasi, sebab mereka memiliki kemampuan untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain untuk mencapai visi.

Ada beberapa karir yang direkomendasikan untuk tipe ini, antara lain: Copywriter, Desainer, atau bahkan jabatan di Public Relations.

Baca Juga: Ternyata, Golongan Darah Bisa Menentukan Kepribadian Seseorang, Lho! Ini Penjelasannya

Rekomendasi karier bagi yang berkepribadian Submission (S)

Tipe Submission pada umumnya memiliki ketelitian yang tinggi dan bisa mendengarkan dan memberikan tanggapan atas permintaan orang lain dengan baik. Tipe yang satu ini sangat memperhatikan perasaan dan juga pikiran orang lain dengan baik. Mereka bisa merespon dan berempati dalam banyak situasi, bahkan untuk kondisi yang sulit dan penuh tekanan sekalipun. 

Kemampuannya untuk membantu dan memenuhi kebutuhan orang lain, bisa membuat tipe Submission mengembangkan karir dengan pesat. Mereka dapat membangun kepercayaan dan interaksi yang sehat dalam jangka panjang. 

Hal ini akan mendukung mereka bekerja dengan efektif dan memiliki rencana kerja yang baik dan dapat dipatuhinya sepanjang waktu.

Rekomendasi karir yang tepat untuk tipe Submission adalah di bidang HRD, Customer Service, dan yang lainnya.

Rekomendasi karier bagi yang berkepribadian Compliance (C)

Tipe kepribadian yang satu ini pada umumnya berperilaku logis, objektif, dan skeptis. Tipe Compliance ini terbilang pragmatis dan kerap menyelesaikan masalah dengan menggunakan analisa fakta. Cenderung pendiam dan saat berada di dalam kelompok, orang-orang dengan tipe kepribadian Compliance biasanya membutuhkan waktu panjang untuk bisa terbuka dan percaya kepada orang lain.

Tipe Compliance akan bisa berkembang jika ditempatkan dalam posisi yang memungkinkan mereka bekerja dengan akurasi, presisi dan juga kualitas yang tinggi. 

Tipe ini akan memilih bekerja secara independen dan tidak berkolaborasi dengan orang lain. Lingkungan kerja yang terstruktur dengan aturan tetap akan lebih disukai oleh mereka.

Rekomendasi karir yang cocok untuk tipe Compliance adalah bidang engineering dan analis. 

Memilih Karir yang Tepat dan Sesuai dengan Tipe Kepribadian

Menekuni pekerjaan yang tepat memang akan menyenangkan dan tentunya bisa memberikan rasa nyaman. Hal ini tidak akan sulit, jika bisa disesuaikan dengan tipe kepribadian. Pahami tipe kepribadian DISC dan pilih karir yang tepat, agar kesuksesan bisa diraih dengan maksimal.

Baca Juga: 4 Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan

 



Sumber