Sudah sejak lama jika menjual rumah bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Harganya yang selangit membuat properti tersebut memiliki target konsumen yang sangat terbatas. Kalaupun ada yang berminat untuk membeli, kondisi yang mungkin tak sesuai ekspektasi seringkali menghambat keberhasilan transaksi. 

Di sisi lain, tak tepat dalam memasang harga jual juga membuat rumah sulit terjual atau malah merugikan pemiliknya. Jika terlalu mahal, tentu akan semakin sedikit pembeli potensial yang tertarik. Sebaliknya, kalau terlalu murah, sebagai pemilik, kamu tentu akan menjadi pihak yang dirugikan. 

Ya, menjual rumah memanglah membutuhkan usaha, perhitungan, dan pemikiran yang matang agar lekas terjual. Namun, bagaimana kalau kamu diberitahu tentang tempat atau media pasang iklan jual rumah yang efektif memasarkan properti tersebut dan juga gratis? 

Selain itu, ada sejumlah tips yang penting untuk diketahui agar rumah dapat lekas terjual dengan harga optimal. Nah, buat yang penasaran, simak dulu yuk beberapa tempat pasang iklan rumah gratis dan optimal beserta tipsnya berikut ini.

Baca Juga: Pajak Jual Beli Rumah: Perhitungan dan Biaya Tambahannya

Cari Media Iklan Jual Rumah Bebas Biaya

iklan jual rumah

Iklan jual rumah

Memasang iklan bisa menjadi solusi yang tepat bagi orang yang merasa kesulitan untuk menjual rumah. Iklan dapat menjadi media yang efektif untuk memasarkan, mempromosikan, dan mengenalkan penjualan properti ke lebih banyak orang. Melalui iklan, seseorang akan mendapatkan peluang permintaan atas penjualan rumah yang lebih besar lagi. 

Untungnya, dewasa ini, ada banyak media yang bisa dipilih dalam mengiklankan penjualan rumah. Yang utama, tak sedikit media pengiklanan tersebut yang bisa dilakukan secara gratis alias tak dipungut biaya sepeser pun. Dengan begitu, budget penjualan pun tak akan banyak terpotong untuk kebutuhan iklan. 

Yang terpenting, tetap gunakan visualisasi yang menarik saat membuat iklan jual rumah. Gunakan desain dan gambar yang menarik dan mampu menggambarkan kondisi rumah agar pembeli semakin tertarik untuk membelinya.

5 Rekomendasi Media atau Tempat Pasang Iklan Rumah Gratis

Seperti yang sempat dibahas sedikit sebelumnya, memasang iklan rumah secara gratis bukanlah mitos. Bahkan, jika dilakukan dengan tepat, pemasangan iklan rumah tersebut tak kalah efektif dengan yang berbayar. Nah, sebagai rekomendasi, inilah 5 media atau tempat pasang iklan rumah gratis.

  1. Pasang Papan Iklan Depan Rumah

    Sebagai pemilik properti, kamu berhak untuk menggunakan area di sekitar kawasan rumah untuk hal apapun asal tidak mengganggu lingkungan atau masyarakat sekitar. Mengacu pada pernyataan tersebut, kamu bebas memasang papan iklan penjualan di depan rumah secara simpel namun jelas. 

    Umumnya, papan iklan yang terpasang di depan rumah berisi informasi mengenai nomor kontak dari pemilik atau perantara penjual. Namun, karena hanya berada di satu tempat saja, cara ini dianggap tak terlalu efektif. Jadi, terapkan metode ini sebagai salah satu opsi saja sembari melakukan cara pengiklanan jual rumah gratis yang lainnya. 

  2. Tempel Iklan di Pohon

    Cara lainnya yang layak dicoba untuk meningkatkan potensi penjualan rumah adalah menempel iklan pada pohon ataupun tiang listrik. Kamu dapat mencetak pamflet atau brosur berukuran kecil yang berisikan informasi rumah yang dijual beserta kontak yang bisa dihubungi. Selayaknya iklan yang terpasang di depan rumah, cara ini juga dinilai tak terlalu efektif dan dapat mengganggu pemandangan serta keindahan di lingkungan sekitar.

  3. Pasarkan Rumah di Facebook

    Kemajuan teknologi memberikan sejumlah kemudahan dan kepraktisan pada setiap aktivitas yang dilakukan manusia masa kini. Tak terkecuali dalam memasarkan iklan rumah yang ingin dijual. Salah satu platform online yang bisa dipilih adalah Facebook sebagai media sosial dengan jumlah pengguna paling banyak. 

    Di Facebook, terdapat banyak sekali grup atau komunitas yang khusus dibuat untuk suatu hal tertentu. Contohnya adalah berbagi informasi jual beli rumah di suatu kota atau wilayah tertentu. Jadi, kamu pun bisa memanfaatkan kemajuan digital tersebut agar bisa memasang iklan jual rumah secara cuma-cuma. 

  4. Cari Pembeli Potensial via Twitter

    Selayaknya Facebook, Twitter juga dapat menjadi platform media sosial yang mampu memudahkan kamu dalam menjual rumah. Terdapat banyak akun yang bersedia untuk menyebarkan informasi penjualan rumah tanpa memungut biaya apapun. Selain itu, di Twitter, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai investasi properti, eksterior, interior, jual beli maupun sewa, dan berbagai hal lainnya seputar properti. 

  5. Manfaatkan Situs Jual Rumah Gratis

    Terakhir, agar memastikan iklan jual rumah semakin banyak dilihat oleh orang, kamu bisa memanfaatkan situs jual rumah gratis. Cukup mudah, kamu hanya diminta untuk membuat akun dan menjadi member dari website atau aplikasi jual rumah gratis tersebut. 

    Kemudian, setelah terdaftar, kamu dapat memasang iklan dari rumah yang berencana untuk dijual. Yang terpenting, saat memilih situs jual rumah gratis ini, pastikan untuk memilih layanan yang menyediakan fasilitas rekening bersama. Jadi, pihak penjual dan pembeli tidak akan mengalami risiko penipuan atau kerugian lainnya.

Baca Juga: Anda Mau Jual Rumah? Pakai Cara Ini Agar Cepat Laku dan Harganya Mahal

Tips Menjual Rumah dengan Harga Optimal

Menjual rumah agar lekas terjual memang membutuhkan cara dan strategi yang cerdas. Selain dengan memasang iklan di tempat yang direkomendasikan di atas, kamu juga perlu memahami bagaimana tips agar lebih mudah menjual rumah dengan harga yang tetap optimal. Untuk lebih jelasnya, panduan dan juga tips berikut ini layak untuk disimak. 

  • Survei Harga Properti Lebih Dulu

    Hal terpenting yang wajib dilakukan saat menjual rumah adalah menentukan harganya. Jangan sampai terlalu mahal atau murah. Agar bisa mendapatkan harga jual yang optimal, ada baiknya jika melakukan survei terlebih dulu.

    Caranya bisa dengan menentukan perkiraan harga tanah sesuai NJOP yang ada pada struk PBB, menentukan harga properti dengan cara mengakumulasi jumlah keseluruhan biaya pembangunan rumah, dan menentukan harga jual sesuai NJOP dan perbandingan dari harga objek, NJOP pengganti, dan nilai perolehan baru. Selain itu, umumnya harga pasar akan memasang nilai yang lebih tinggi ketimbang NJOP. Untuk itu, kamu perlu menyurvei terlebih dulu harga properti di kawasan sekitar rumah. 

  • Perhatikan Waktu Jual yang Tepat

    Percaya atau tidak, ketepatan waktu mampu mempercepat properti lekas terjual. Cari waktu untuk jual rumah ketika suku bunga tengah menurun, yang berarti inflasi penjualan rumah juga turut menurun. Karena hal tersebut, biasanya bunga KPR akan menjadi lebih stabil sehingga ada lebih banyak pembeli potensial yang tertarik untuk membeli rumahmu. 

  • Cermati Kelebihan serta Kekurangan Hunian

    Tips selanjutnya adalah mencermati segala kekurangan dan kelebihan hunian. Hal tersebut dapat memudahkan kamu dalam membuat iklan serta menuliskan deskripsi maupun informasi terkait kondisi rumah yang ingin dijual. Kamu juga dapat menunjukkan tampilan rumah dengan sebaik mungkin dan membuat calon pembeli lebih tertarik untuk membelinya. 

    Tonjolkan kelebihan rumah dan lakukan perbaikan pada kekurangannya kalau memang memungkinkan. Kalau memang berada dalam kondisi 80 persen atau lebih, kemungkinan besar rumah bisa terjual tanpa perbaikan. Sebaliknya, apabila berada dalam kondisi yang tidak layak, artinya kamu perlu melakukan renovasi terlebih dahulu. 

    Terdapat 2 aspek yang perlu diketahui dalam membenahi tampilan rumah, yakni kondisi interior dan eksterior. Untuk kondisi interior, kamu perlu memastikan dapur, kamar mandi, atap, dan lain sebagainya dalam kondisi yang baik. 

    Sedangkan untuk kondisi eksterior, hal utama yang perlu dicek adalah kondisi cat dinding, area taman, serta pagar. Cek pula faktor penting pada rumah lainnya, seperti, aliran air, listrik, serta sirkulasi udara, dan pastikan kondisinya layak huni. 

  • Cari Tahu Cara Terbaik Jual Rumah secara Online

    Berbeda dengan cara konvensional, menjual rumah secara online memiliki cara dan strategi khusus yang harus dipahami. Karena calon pembeli tak bisa melihat kondisi rumah secara langsung, kamu perlu memasang foto serta deskripsi rumah sejelas dan selengkap mungkin. Hal ini termasuk seluruh ruangan rumah, fasilitas publik sekitar, luas tanah serta bangunan, dan sebagainya.

Tak Harus Keluar Biaya Mahal untuk Menjual Rumah

Keuntungan utama dalam memasang iklan jual rumah dengan biaya kecil atau bahkan gratis adalah kamu tidak harus mengeluarkan dana besar untuk biaya iklan. Walaupun tak harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak, tetapi iklan rumahmu tetap bisa dijangkau oleh lebih banyak pembeli potensial, menghasilkan interaksi, dan juga memberikan deskripsi secara jelas. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi merasa pusing soal iklan rumah yang tak kunjung membuahkan hasil padahal sudah menggelontorkan biaya yang tidak sedikit. 

Baca Juga: Biaya-Biaya yang Ada Dalam Proses Jual Beli Rumah



Sumber