Ini Ia 10 Jenis Ikan Hias Termahal Di Dunia

Ini Dia 10 Jenis Ikan Hias Termahal di Dunia. Ikan hias selalu mempunyai daya tarik tersendiri bagi peminatnya, terutama untuk ikan hias yang terbilang langka dan sulit ditemukan. Pada dasarnya ikan hias ini dibedakan menjadi 2 jenis, ialah: ikan hias air asin (maritim) dan juga ikan hias air tawar. Kedua jenis ikan hias ini tentu akan memiliki huruf dan juga cara perawatan tersendiri, termasuk jenis pakan yang mampu dikonsumsi.

 Ikan hias selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi peminatnya Ini Dia 10 Jenis Ikan Hias Termahal di Dunia

Namun secara garis besar, memelihara ikan hias air asin memang lebih rumit, kalau dibandingkan dengan ketika memelihara ikan hias air tawar. Dari aneka macam hal menarik terkait ikan hias ini, harganya yang mahal tentu menjadi sesuatu yang tidak bisa dilupakan, bukan?

Ada banyak jenis ikan hias yang populer dan dicari di pasaran, beberapa di antaranya bahkan dihargai sangat tinggi. Tidak tanggung-tanggung, beberapa jenis ikan hias bahkan dijual dengan harga milyaran.

Jika melihat kenyataan ini, menimbulkan ikan hias sebagai hobi yang menghasilkan uang tentu sangat layak untuk dipertimbangkan. Selain menerima kesenangan, keuntungan yang besar juga bisa diperlukan dari aktivitas yang satu ini. Berikut yakni beberapa jenis ikan hias termahal yang pernah diperjual-belikan:

 

Arwana Platinum (Rp5,5 Milyar)

Menjadi ikan hias paling langka dan banyak diminati, Arwana Platinum saat ini menjadi jenis ikan hias yang paling mahal di dunia. Jenis ikan air tawar yang bisa ditemukan di perairan Afrika, Amerika Serikat sampai Asia Tenggara ini mempunyai harga yang sangat paling fantastis untuk ketika ini. Bukan hanya itu saja, Arwana Platinum bahkan biasanya memiliki chip khusus di dalam tubuhnya, peralatan ini ditanam dengan tujuan untuk membedakannya dari ikan lainnya.

Peppermint Angelfish (Rp400 Juta)

Ikan hias yang satu ini menjadi salah satu yang terlangka, bahkan diperlihatkan untuk terakhir kalinya di tahun 2012 kepada khalayak ramai. Corak unik berwarna garis merah dan putih di tubuhnya membuat Peppermint Angelfish begitu menarik, ditambah lagi dengan tingkat kesulitan mendapatkannya yang harus menggunakan kendaraan khusus yang mampu mencapai kedalaman tertentu di bawah maritim.

 

Bladefin Basslet (Rp135 Juta)

Memiliki ukuran rata-rata 1,5 inchi saja, Bladefin Basslet memang begitu mungil dan tentunya sulit ditangkap. Ikan ini bisa ditemukan di perairan dalam sekitar Karibia dan biasanya hanya hidup di celah-celah karang yang terdapat di dasar laut saja. Untuk membawa pulang ikan hias yang mungil ini.

Golden Basslet (Rp110 Juta)

Ikan laut yang tergolong pemalu ini bisa ditemukan di sekitar perairan Pasifik dan juga Atlantik. Sifatnya yang pemalu membuatnya betah berlama-lama di tempat persembunyian, sehingga semakin sulit untuk ditemukan. Untuk menerima Golden Basslet biasanya akan dibutuhkan perangkap yang dibentuk secara khusus.

Neptune Grouper (Rp80 Juta)

Neptune Grouper merupakan ikan hias yang hidup di maritim yang dalam, meskipun sesekali mampu ditemukan di area yang sedikit dangkal. Ikan ini mempunyai corak yang beragam, bahkan mampu berbeda dikala masih muda dan ketika sudah dewasa. Jika di usia muda ikan ini bercorak kekuningan dan juga oranye, maka saat dewasa corak ini akan menjelma merah kekuningan.

Nami Green Arowana (Rp70 Juta)

Meski tidak menjadi jenis arwana yang paling langka, Nami Green Arowana juga sudah mengalami penurunan populasi yang sangat tinggi ketika ini. Ikan air tawar yang tadinya cukup banyak ditemukan di perairan air tawar Asia ini sudah semakin sulit ditemukan, karena banyak yang menjadikannya sasaran buruan. Hal ini juga membuat harganya semakin tinggi di pasaran.

Australian Flathead Perch (Rp67 Juta)

Menjadi salah satu ikan hias yang sulit ditangkap, Australian Flathead Perch memang lebih senang bersembunyi di celah karang. Ikan ini bahkan hanya akan keluar sesaat saja, adalah saat mereka sedang mencari makan. Jika ingin mendapatkannya, menyelam ke dasar maritim adalah hal yang tidak bisa ditawar. Dengan tingkat kesulitan mirip ini, masuk akal saja bila harga Australian Flathead Perch ini mampu semahal itu.

Wrought Iron Butterflyfish (Rp32 Juta)

Ikan yang hanya berukuran sekitar 6 inchi ini termasuk jenis ikan mungil dan pada umumnya mudah ditemukan di perairan Jepang. Tergolong ke dalam jenis Butterflyfish, Wrought Iron Butterflyfish juga terbilang lincah dan gerakannya begitu menarik. Wrought Iron Butterflyfish memiliki warna dasar hitam keabu-abuan dengan komplemen garis yang berwarna kuning terperinci di sekitar area siripnya.

Clarion Angelfish (Rp30 Juta)

Ikan hias yang satu ini bisa ditemukan di area pantai lepas Pasifik Meksiko, Kepulauan Revillagigedo, tepatnya di sekitar pulau Cipperton yang terpencil. Meski ukurannya terbilang kecil, Clarion Angelfish memang memiliki warna yang elok dan cerah, sehingga sangat menarik minat para kolektor. Untuk memelihara ikan ini, dibutuhkan izin resmi dari pemerintah Meksiko.

Candy Basslet (Rp14 Juta)

Ikan hias air asin ini mampu ditemukan di sepanjang Pantai Curacao di perairan Karibia. Ikan langka ini termasuk dalam kelompok ikan hias yang kaya akan warna yang sangat beragam, namun terbilang sulit ditemukan.

Kemampuannya yang baik dan senang bersembunyi di antara celah karang menciptakan Candy Basslet hanya bisa ditemukan di titik tertentu saja. Bahkan untuk mendapatkannya, diperlukan perjuangan yang kuat untuk menyelam ke bawah lautan. Namun ketika ini Candy Basslet sudah mulai dibudidayakan, sehingga mampu dibeli langsung pada penangkarnya.