Makanan Yang Harus di Konsumsi Saat Diet DEBM

Banyak tipe diet yang dikenalkan untuk turunkan berat tubuh. Salah satunya diet yang terkenal ialah diet DEBM. Claim diet ini mengatakan jika seorang yang menjaringninya sanggup turunkan berat tubuh sampai 2 kg dalam satu minggu saja.

Kamu yang jalani diet masih dapat konsumsi makanan nikmat tak perlu olahraga atau minum obat. Kenapa dapat demikian?


Diet DEBM (Diet Nikmat Berbahagia Membahagiakan) ialah diet yang ditenarkan oleh Robert Hendrik Liembono. Walau dia bukan seorang dokter, pakar nutrisi, atau tenaga kesehatan yang lain, tetapi panduan diet dari penemuannya sukses turunkan berat tubuh orang yang menjaringninya.

Merilis Tempo, Robert Hendrik Liembono mengatakan jika diet ini dibuat spesial untuk kamu yang hoby makan dan malas olahraga, tetapi pengin turunkan berat tubuh. Hingga skema makan dari diet ini tidak membuat menderita. Berikut beberapa makanan yang bisa dimakan orang yang jalani diet DEBM:

  1. Telur.
  2. Seluruh tipe ikan, terutamanya ikan berlemak tinggi seperti salmon dan tuna.
  3. Daging sapi dan unggas.
  4. Susu dan produk turunanya seperti yogurt, keju, cream, dan mentega.
  5. Sayur yang tidak memiliki kandungan pati tinggi seperti wortel, kembang kol, buncis, brokoli, dan sayur hijau yang lain.
  6. Buah-buahan tinggi lemak seperti alpukat.

Harus dipahami , diet ini mempunyai makanan larangan. Larangan paling besar dari diet ini ialah gula, baik itu gula murni atau gula berbentuk lain seperti madu, kecap, atau yang terdapat dalam sayur dan buah. Biasanya, di bawah ini beberapa makanan larangan untuk diet DEBM:

  • Nasi, pasta, sereal, mie, roti, dan makanan bertepung yang lain.
  • Pemanis seperti gula, madu, dan sirup maple.
  • Minuman bergula atau minuman manis misalkan soda, teh manis, susu coklat, atau juice.
  • Sayur yang memiliki kandungan pati tinggi seperti kentang, ubi, labu, dan bit.
  • Buah tinggi karbohidrat seperti pisang, pepaya, melon, dan semangka.

Bila disaksikan dari sistemnya, diet DEBM ini sepintas serupa dengan diet keto. Diet keto mempunyai ketentuan untuk konsumsi lemak sekitar 75 %, 20 % protein, dan 5 % karbohidrat. Sesaat untuk jalani diet DEBM tidak ada keharusan untuk konsumsi banyak lemak, sebab yang paling penting ialah konsumsi protein hewani. Pada konsepnya, diet DEBM lebih kurangi konsumsi karbohidrat dibandingkan lemak serta protein.

Walau diklaim selaku diet yang bisa turunkan berat tubuh, tetapi sayang diet DEBM ini berpeluang terjadinya efek. Badan kamu terima semakin sedikit konsumsi karbohidrat dibandingkan protein serta lemak. Mengakibatkan, badan secara automatis akan memunculkan keadaan misalnya:

  • Sakit kepala;
  • Mual;
  • Berasa lemas, lemas, dan tidak bertenaga;
  • Sembelit;
  • Kembung;
  • Kram otot;
  • Insomnia;
  • Berbau mulut.

Harus dipahami jika karbohidrat menolong jaga jumlah protein atau massa otot pada tubuh. Waktu konsumsi karbohidrat terbatasi jadi rendah, karena itu badan ambil protein selaku sumber energi. Tetapi, makin lama keadaan ini mengakibatkan jaringan otot mengecil atau pecah.


Keadaan yang lebih kronis yakni, diet ini mengakibatkan jumlah bakteri bagus di dalam usus menjadi turun mencolok. Berkurangan bakteri baik yang dibutuhkan usus bisa mengubah produksi asam lemak rantai pendek dan anti-oksidan dalam usus.

Sedang, ke-2 senyawa ini benar-benar diperlukan untuk mempertahankan kesehatan usus.

Itu yang penting kamu kenali berkenaan diet DEBM. Bila kamu sedang berencana untuk jalani diet spesifik, seharusnya bahas lebih dahulu pada dokter.