Peacock Bass Monoculus (Cichla Monoculus)

Peacock Bass Monoculus (Cichla monoculus) Ikan ini ialah ikan predator yang hidup di perairan Sungai Amazon. Ikan Peacock Bass hidup di air tawar dan ikan ini juga termasuk dalam keluarga cichlidae.Coraknya yang berwarna kuning dengan garis hitam vertikal memang sangat indah untuk dipandang dengan sirip berwarna merah,hitam dan biru semakin mempercantik penampilan ikan ini.

 Ikan ini adalah ikan predator yang hidup di perairan Sungai Amazon Peacock Bass Monoculus (Cichla monoculus)

Ketika masih kecil atau kira kira panjangnya 3-7cm ikan ini masih berwarna debu-debu dengan garis hitam di ekor dan bintik/totol hitam di badan, tetapi seiring pertumbuhannya maka warna kuning dan motif bulat di ekor nya akan mulai muncul dibarengi dengan perubahan warna sirip mereka.

Ikan ini juga ikan yang tergolong agresif dan bergairah makan yang tinggi jikalau anda memasukan ikan kecil ke dalam tank (akuarium) yang berisi ikan ini pastilah langsung dilahapnya. Ikan ini juga tergolong ikan yang agak manja sebab memerlukan oksigen yang tinggi dan air yang higienis. Jaga selalu kebersihan filter anda karena bila filter anda higienis anda tidak harus sering sering mengganti air di akuarium anda.

Jika anda terlalu sering mengganti air maka tagihan air anda akan meningkat sehingga pengeluaran anda pun bertambah selain itu juga dikala anda sering mengganti air ikan ini harus mengikuti keadaan lagi dengan air yang gres dan ini membuat ikan mudah stres, kalau stresnya sudah tergolong stres berat ikan ini mampu mati.

Ketika anda memelihara ikan ini dari kecil anda mampu melatih dengan memberi makan ikan ini dengan kepingan daging, alasannya biasanya bila memlihara/membeli ikan ini sudah besar maka ikan ini biasanya tidak mau memakan benda yang tidak bergerak misalnya ikan mati.

Jika anda memelihara ikan ini disarankan meberikan lampu yang jelas, jikalau tidak terlalu jelas maka disarankan dengan memberi pasir/watu dengan warna yang cerah alasannya mampu membantu pembentukan warna ikan ini.

Jika anda menunjukkan substrat gelap dan lampu anda tidak terlalu terang maka warna ikan ini tidak bagus hanya berwarna coklat kehitaman.

Karena ikan ini tergolong predator maka anda dilarang memasukkan ikan lain yang lebih kecil kecuali untuk makanan mereka.