Profil Ikan Manfish Penampilan Dan Temperamennya

Ikan angelfish alias manfish ( Pterophyllum scalare) yakni salah satu ikan hias air tawar paling populer. Bahkan mereka yang belum pernah memelihara ikan pun mungkin sudah familiar dengan ikan ini. Mereka memiliki bentuk unik dan indah yang menarik bagi hobbyist ikan pemula ataupun yang sudah berpengalaman.

Angelfish berasal dari keluarga Cichlidae. Ukuran mereka sedang dan tinggi serta hadir dalam berbagai warna. Ikan yang juga dikenal sebagai ikan layang ini biasanya dikembangbiakkan di penangkaran ikan. Para penggemarnya telah menciptakan banyak jenis berbeda selama bertahun-tahun.

 Bahkan mereka yang belum pernah memelihara ikan pun mungkin sudah familiar dengan ikan in Profil Ikan Manfish Penampilan dan Temperamennya

Menarik dan tangguh, angelfish mampu menjadi embel-embel yang cantik untuk akuarium rumah Anda. Jika Anda ingin membawa pulang beberapa ekor angelfish, artikel singkat ini perlu Anda baca.

Profil singkat angelfish

Angelfish berasal dari sungai Amazon dan kemudian banyak dikembangbiakkan di penangkaran ikan. Ikan dewasanya bisa berukuran hingga 6 inch (15 cm) dan temperamen mereka semi-garang. Angelfish hadir dalam warna hitam, biru, dan silver.

Mereka bisa hidup antara 8 hingga 10 tahun lamanya. Ikan omnivora ini menyukai akuarium yang penuh tanaman hidup dengan suhu ideal berkisar antara 23 hingga 27 derajat Celsius.

Angelfish yakni pilihan klasik untuk akuarium rumahan. Mereka menarik para penghobi ikan dari semua level dan bisa menjadi penghuni akuarium yang memikat. Entah Anda mencari angelfish berwarna eksotis atau tradisional, Anda niscaya akan menemukannya di luar sana.

Angelfish adalah ikan yang elegan dan menarik. Sangat ramping dan tinggi dengan sirip segitiga, nama ilmiah mereka Pterophyllum bantu-membantu berarti “daun bersayap.” Ini adalah deskripsi yang sempurna untuk karakteristik fisik yang membedakan mereka dari ikan siklid lainnya.

Bentuk tubuh unik mereka yang seperti berlian menciptakan mereka lebih mudah bersembunyi di antara tumbuh-tumbuhan. Warna yang muncul secara alami biasanya mencakup striping vertikal yang membantu mereka berbaur dengan latar belakang mereka.

Sebagai ikan favorit para penghobi ikan, berbagai warna angelfish telah dikembangbiakkan di penangkaran. Warna-warna ini mencakup warna solid dan marking yang tidak alami. Penggemar ikan ini telah membuat banyak garis warna yang berbeda selama bertahun-tahun.

Beberapa warna yang mungkin Anda jumpai di pasaran meliputi albino, hitam, emas, perak, marmer, koi, zebra, dan macan tutul. Daftar ini mampu menjadi lebih panjag. Angelfish mampu kawin silang saat ditempatkan bersama, terlepas dari jenis warna mereka.

Perilaku dan temperamen

Sering disebut semi-bernafsu, angelfish umumnya hening. Sangat berangasan pada masakan, Anda perlu memastikan tidak ada ikan kecil lain yang tinggal bersama mereka. Mereka akan memangsa sobat seakuarium kalau kelaparan dan Anda harus selalu mempunyai banyak makanan untuk mereka. Mereka juga dapat menawarkan agresi dan menjadi teritorial selama animo kawin.

Meski demikian, jika akuarium mereka cukup besar dan mereka diberi makanan yang cukup, mereka akan hidup damai di antara yang lain. Ikan-ikan kecil semacam platy, tetra, molly, dan guppy pada umumnya cocok untuk ditempatkan bersama mereka.

Anda bisa memperkenalkan ikan jenis lain ke dalam akuarium angelfish, namun disarankan untuk melakukannya dengan hati-hati. Meski beberapa ikan kecil mampu menjadi mangsa mereka, ada kemungkinan angelfish juga akan terluka oleh ikan lainnya.

Angelfish yaitu ikan monogami yang akan berpasang-pasangan untuk kawin, bila diberi kesempatan. Anda sebaiknya memelihara angelfish dalam jumlah yang lebih besar gotong royong hingga ikan mulai berpasang-pasangan.

Bila Anda ingin memelihara banyak angelfish, maka Anda harus mempunyai akuarium yang lebih besar. Jika Anda tidak mampu menyediakannya, sebaiknya pelihara angelfish secukupnya dan cobalah untuk mengawinkan ikan-ikan yang sudah ada.

Sediakan setidaknya 20 galon (75 liter) air per pasangan kawin dan ingat bahwa angelfish lebih suka akuarium yang dalam, setidaknya 30 cm. Angelfish yang berukuran tinggi tidak cocok dipelihara di akuarium yang melebar/memanjang dan dangkal.