Soal PPPK Tahun 2021 Sosio-Kultural – bank-soal.id

Contoh Soal PPPK Tahun 2021 Sosio Kultural – Jadwal pelaksanaan seleksi PPPK guru Tahun 2021 sudah dikeluarkan oleh BKN pada tanggal 29 Juni 2021. Salah satu kisi-kisi soal PPPK Guru Tahun 2021 yaitu tes mengenai sosio-kultural dimana materi yang diujikan berkaitan dengan pengalaman guru dalam berinteraksi dengan orang lain atau rekan kerja dan masyarakat dalam hal agama , suku dan budaya , perilaku , wawasan kebangsaan , etika , nilai-nilai moral , emosi dan prinsip yang harus dipenuhi oleh seorang guru untuk memperoleh hasil kerja sesuai peran sebagai guru.

 

Untuk membantu Bapak/Ibu mempersiapkan seleksi PPPK Tahun 2021 , Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Pembahasan PPPK Guru Tahun 2021 untuk semua formasi guru , baik guru SD maupun guru mata pelajaran dari tingkat SD , SMP & SMA/SMK.

 

Latihan Soal PPPK Sosio-Kultural 2021

1. Anda adalah seorang guru di sebuah SMK Negeri yang menjabat sebagai staf bidang kurikulum. Setiap tahun Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum atau atasan Anda mengajukan cuti untuk kegiatan keagamaan dan melimpahkan semua tugasnya kepada Anda. Sikap Anda dalam menghadapi hal tersebut adalah….

A. Mencari tahu tentang kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh atasan Anda

B. Biasa saja karena atasan sudah sering melakukan hal tersebut

C. Mengucapkan selamat menunaikan ibadah kepada atasan

D. Membantu pekerjaan atasan karena bisa jadi suatu saat Anda cuti dan melimpahkan pekerjaan Anda

E. Menanyakan kepada bagian kepegawaian apakah tugas atasan harus Anda kerjakan

Kunci jawaban : D

Pembahasan :

Jawaban yang paling tepat jika ada rekan kerja yang melimpahkan pekerjaan kepada Anda yaitu membantu pekerjaannya.

2. Di lingkungan sekolah kadang Anda menjumpai orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda. Ada orang-orang yang cuek terhadap Anda dan tidak mau tahu , ada juga yang aktif mengkritik Anda. Bahkan rekan kerja Anda sering mengkritik dari belakang. Maka sikap Anda dalam menyikapi hal tersebut adalah….

A. Kritikan tersebut dijadikan sebagai masukan yang membangun untuk menjadi pribadi yang kebih baik lagi

B. Berusaha menjadikan kritikan untuk bahan evaluasi diri

C. Menerima semua kritikan , baik kritikan langsung maupun yang mengkritik dari belakang

D. Berusaha memahami karakter orang-orang yang Anda temui

E. Berusaha menerima kritikan yang diutarakan kepada Anda

Kunci jawaban : A

Pembahasan :

Jawaban yang terbaik yaitu selain menerima kritikan juga menjadikan kritikan tersebut sebagai masukan yang membangun untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Anda adalah seorang guru di sebuah SMP. Suatu ketika rekan kerja Anda yang cukup dekat dengan Anda mengadakan acara khitanan sekaligus acara ulang tahun anaknya. Rekan kerja Anda mengundang Anda untuk datang menghadiri acara tersebut yang akan diselenggarakan nanti malam. Anda tahu bahwa acara tersebut pasti sangat ramai dan penuh diisi oleh anak-anak. Padahal Anda adalah pribadi yang tidak terlalu menyukai keramain apalagi anak-anak. Maka yang Anda lakukan adalah….

A. Menghadiri acara , memberikan hadiah dan segera pulang untuk menghargai undangannya

B. Menelepon dan memohon maaf tidak dapat menghadiri undangan dan memberikan hadiah dilain kesempatan

C. Menghadiri acara tersebut dengan ekspresi yang tidak menyenangkan karena ramai dan banyak anak-anak

D. Tidak datang dan tanpa memberikan konfirmasi

E. Menghadiri acara tersebut sampai selesai dan memberikan hadiah

Kunci jawaban : E

Pembahasan :

Jawaban yang tepat jika ada undangan yaitu menghadirinya sampai acara selesai

4. Seorang guru ASN yang akan ditempatkan di suatu daerah , sebelumnya mencari tahu terlebih dahulu tentang budaya daerah setempat , seperti suku , bahasa , adat istiadat dan lain sebagainya merupakan contoh perilaku dalam indikator..

A. peka memahami dan menerima kemajemukan

B. mampu bekerja sama dengan individu yang memiliki latar belakang yang berbeda

C. terbuka , ingin belajar tentang perbedaan/kemajemukan masyarakat

D. mampu menerima dan peka terhadap perbedaan individu/masyarakat

E. mampu mengahargai perbedaan pendapat

Kunci jawaban C

Pembahasan :

Jawaban C karena Mencari tahu budaya daerah setempat adalah contoh dari perilaku terbuka dan ingin belajar mengenai kemajemukan masyarakat , terutama masyarakat di daerah yang akan ditinggalinya dalam melaksanakan tugas sebagai ASN tersebut.

5. Pada suatu hari salah satu siswa yang bersekolah di SMK A diperas oleh beberapa orang siswa yang lebih tua darinya dari SMK B. Siswa yang diperas mengalah karena jumlah yang memeras lebih banyak. Setelah itu siswa tersebut pulang dan menceritakan kejadian tersebut kepada teman yang satu sekolah dengannya. Mendengar hal tersebut siswa SMK A tidak terima dan membuat perhitungan dengan para siswa SMK B. Konflik tersebut menyebabkan beberapa sarana prasaaran dari SMK B dirusak dan terjadi bentrokan di depan sekolahan. Terkait dengan penyelesaian konflik tersebut , maka Anda sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMK B akan melakukan langkah yang paling tepat yakni…

A. memerintahkan aparat kepolisian untuk mengamankan

B. menumbuhkan sikap toleransi antar SMK tersebut

C. melakukan penyuluhan kepada kedua SMK tersebut

D. memfasilitasi mediasi konflik kedua SMK tersebut

E. memberikan hukuman terhadap kedua SMK tersebut

Kunci jawaban : D

Pembahasan :

Jawaban A tidak tepat karena menyuruh , bukannya turun langsung sebagai salah satu indikator sosial kultur perekat bangsa. Yang B dan C adalah tindakan yang baik jika konflik belum terjadi. Serta urusan vonis hukuman bukan ranahnya guru.

6. Anda adalah seorang guru di salah satu SMK Negeri di kota tempat Anda tinggal. Suatu hari ada rapat di sekolah Anda , rapat itu membahas mengenai rencana penerimaan peserta didik baru yang akan dilaksanakan sebentar lagi. Sebagai salah satu guru di sekolah tersebut Anda berpendapat mengenai keuntungan dan kerugian terkait teknis pelaksanaan penerimaan peserta didik yang disampaikan oleh Ketua Panitia. Namun , ternyata pendapat Anda ditolak oleh semua peserta rapat , baik oleh anggota maupun pemimpin rapat. Alasan ditolaknya pendapat Anda karena dirasa ide Anda terlalu ideal dan kurang sesuai jika direalisaskan. Maka hal yang akan dilakukan oleh Anda adalah..

A. Berusaha meyakinkan peserta rapat untuk menerima pendapat beliau

B , Dengan berat hati menerima penolakan , dan tetap mengikuti rapat hingga berakhir

C. Menghargai perbedaan pendapat

D. Tidak terima dan langsung meninggalkan rapat

E. Berlapang dada menerima penolakan itu

Kunci jawaban : E

Pembahasan :

Jawaban yang tepat adalah E karena sebagai guru harus bisa terbuka dan tetap bisa belajar. Untuk jawaban C tepat , namun itu dilakukan jika hanya ada satu atau beberapa saja orang yang menolak pendapatnya.

7. Anda adalah seorang guru bimbingan konseling (BK) di sebuah SMA Negeri unggulan. Anda memiliki siswa bernama Nadiya yang terkenal sebagai siswa berprestasi karena akademiknya. Namun suatu ketika Nadiya mengalami depresi yang amat berat karena kedua orang tuanya meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Selanjutnya Nadiya diasuh oleh neneknya dan menjalani berbagai pengobatan dari dokter maupun psikiater. Sekitar satu bulan kemudian Nadiya dinyatakan sembuh dan dapat kembali melanjutkan sekolahnya. Suatu hari , terdapat informasi pembukaan seleksi salah satu PTN , dimana merupakan universitas yang diinginkan Nadiya melalui jalur undangan berdasarkan prestasi dan disertai rekomendasi dari guru BK. Anda sebagai guru BK mencoba mendaftarkan Nadiya ke PTN tersebut. Namun pada tahap awal , berkas tersebut langsung ditolak oleh panitia seleksi karena Nadiya memiliki riwayat gangguan kejiwaan tersebut. Menurut Anda sebagai guru BK , bagaimana tanggapan terhadap tindakan panitia seleksi terhadap Nadiya….

A. Tindakan panitia seleksi sudah tepat , karena orang dengan riwayat gangguan jiwa bisa meresahkann teman kuliahya

B. Tindakan panitia seleksi tidak tepat karena melanggar HAM sebagai hak mendapat pendidikan dan berusaha untuk diperjuangkan hak Nadiya

C. Seharusnya diterima karena Nadiya sudah sembuh dan tidak akan berpengaruh

D. Tindakan panitia seleksi sangat tepat karena sewatu-waktu gangguan jiwa bisa kambuh dan membahayakan orang lain

E. Seharusnya panitia seleksi memberi kesempatan pada Nadiya

Kunci jawaban : C

Pembahasan :

Dalam hal ini panitia seleksi seharusnya bisa memahami , menerima , dan peka terhadap semua peserta seleksi sebagai bentuk kompetensi ASN sosial kultur perekat bangsa yakni masyarakat Indonesia. Jadi seharusnya diterima berkasnya. Selain itu , Nadiya sudah dinyatakan sembuh dari gangguan jiwa ini , dan dia adalah siswa berprestasi di SMA Negeri unggulan yang patut dipertimbangkan. Opsi lain yang benar yakni B , namun ada kata-kata berusaha jadi masih kurang tepat.

8. Anda adalah salah satu guru di sebuah SD Negeri. Siswa-siswi yang bersekolah di SD tempat Anda bertugas memiliki banyak kemajemukan baik suku maupun etnisnya. Suatu hari ketika jam istirahat terjadi tindakan yang kurang baik , yakni sekelompok siswa di kelas Anda dengan etnis yang sama mengolok-olok sebagian siswa lain yang memiliki etnis berbeda. Melihat hal tersebut apakah yang paling tepat Anda lakukan sebagai seorang guru perekat bangsa…

A. Berusaha memberitahu kelompok yang diolok bahwa berbeda etnis bukan suatu masalah

B. Menghampiri kelompok yang mengolok-olok dan menasehati untuk tidak saling mengolok

C. Menghampiri kedua kelompok dan mengatakan lebih baik berkenalan daripada mengolok-olok

D. Menghampiri kedua kelompok dan mengedukasi mereka tentang perbedaan

E. Mengamati tingkah laku mereka dan siap melerasi jika terjadi bentrokan

Kunci jawaan : D

Pembahasan :

Jawaban yang tepat yakni D karena sudah terkandung didalamnya jawban A , B , dan E , yakni tindakan mediasi penyelesaiain konflik.

9. Anda adalah seorang guru yang merangkap staf bidang Kesiswaan. Suatu hari , sekolah Anda diinformasikan mengenai sosialisasi UU ITE karena banyaknya kasus siswa maupun tenaga pendidik yang menyebarkan infomasi atau berita yang tidak benar melalui media sosial. Pada kegiatan sosialisasi tersebut beberapa siswa OSIS memprotes UU tersebut karena akan membatasi kebebasan berpendapat di ruang publik. Anda berusaha membantu meluruskan hal tersebut dengan menyampaikan bahwa opini yang sebaiknya tidak disampaikan adalah opini yang menyangkut….

A. Berabagi hal yang menyinggung perasaan

B. Berbagai hal yang mengancam keutuhan kelompok

C. Berbagai hal yang menyinggung bertemakan SARA

D. Opini yang mengandung unsur dendam pribadi

E. Opini yang berusaha menghadirkan suasana humoris

Kunci jawaban : C

Pembahasan :

Jawaban yang benar yakni C , karena sudah menyangkut semua kalangan dan menjaga keutuhan bangsa. Jawaban A dan D hanya terbatas pada urusan pribadi. Begitupun yang B yang terdampak hanya sebagian kelompok saja.

10. Anda adalah seorang guru ASN di salah satu SD Negeri. Anda sebenarnya memiliki hak cuti yang dapat digunakan untuk keperluan penting. Namun , Anda menunda cuti untuk memberi kesempatan kepada rekan lain yang akan cuti untuk hari raya keagamaan. Hal ini berarti Anda telah menunjukkan perilaku yang merupakan salah satu contoh indiktor dalam kompetensi Sosial Kultural yakni…

A. peka , memahami dan menerima kemajemukan masyarakat yang ada

B. mampu bekerja sama dengan individu yang memiliki latar belakang yang berbeda

C. terbuka , ingin belajar tentang perbedaan/kemajemukan masyarakat

D. mampu menghargai perbedaan individu/masyarakat

E. mampu mengahargai perbedaan pendapat

Kunci jawaban : A

Pembahasan :

Jawaban yang paling tepat dari mendahuluk
an cuti orang lain yang melakukan kegiatan keagamaan berarti Anda telah mampu untuk memahami , menerima , dan peka terhadap perbedaan , terutama perbedaan kepercayaan dan Anda toleransi terhadap kemajemukan tersebut.

Demikian informasi tentang Soal PPPK Tahun 2021 Sosio-Kultural yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal.