Tempat Wisata Suaka Elang Loji Bikin Sejuk dan Damai

Loji Suakan Elang Bogor memberi rekreasi edukasi dan pengalaman yang hebat ke pengunjungnya, diantaranya dengan berhubungan dengan satwa sangat jarang yang dilindungi.

Suaka Elang Loji ini benar-benar pas sekali untuk semuanya bentang umur, dari remaja, pemuda, sampai keluarga sekalinya.


Posisi rekreasi ini mempunyai keelokan alam yang asri dan mengagumkan. Pengunjung bisa rasakan udara sejuk sekalian santai didampingi dengan merdunya suara burung.

Pengunjung bisa santai di posisi ini dengan keluarga atau teman dekat.

Penting untuk dipahami bila Loji Suaka Elang Bogor ini merupak tempat berkunjung burung Elang saat sebelum dilepaskan ke habitatnya.

Maka bila ada pendapat yang menjelaskan jika tempat ini adalah tempat pengembang biakan ialah salah.

Ketike bertandang Loji Suaka Elang Bogor, rasa-rasanya pelancong harus bertandang ke spot favorite di sini yaitu jembatan menggantung yang kerap dipakai selaku spot untuk berpose.

Pengunjung dapat memakai jembatan ini sebagi latar untuk photo yang akan diupload ke sosial media.


Posisi Loji Suaka Elang Bogor

Posisi rekreasi alam Loji Suaka Elang Bogor berada di Daerah Loji, Dusun Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat.

Rekreasi ini lumayan gampang diketemukan sebab ada di teritori Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Jalur Ke arah Loji Suaka Elang Bogor

Perlu perjuangan buat sampai ke Suaka Elang Loji itu. Jangan berharap akan melalui jalan beraspal karena jalan ke arah sana masih batu-batuan.

Tetapi malah disitulah letak serunya. Pengunjung harus bersusah-susah dahulu untuk sampai ke tempat cantik ini.

Untuk sampai ke situ, pengunjung dapat lewat jalur Bogor. Pengunjung dapat ke arah arah posisi Argowisata Warso Farm, lanjut menuju Batu Catat.

Selanjutnya turuti saja jalan itu sampai ada pertigaan dengan jembatan besar samping kiri.

Teruskan perjalananan mengikut jalan ke jembatan itu menuju Cijeruk dan mendapati plang Warso Farm. Turuti jalan terus itu sampai ada plang tertulis ‘loji’ di kanan jalan.

Sesudah mendapati plang itu, belok kanan dan turuti jalan itu sampai mendapati plang tertulis ‘suaka elang’.

Jangan terkejut jika setelah tiba jalan itu, perjalanan sedikit akan menyusahkan sebab jalannya yang berbatu dan sedikit turun.

Jam Membuka Loji Suaka Elang Bogor

Loji Suaka Elang Bogor membuka tiap hari sejauh minggu, dari Senin sampai Minggu. Sehari-harinya posisi ini membuka start pukul 08.00 pagi hari dan tutup pada pukul 17.00 pada sore hari.

Ticket Loji Suaka Elang Bogor

Ticket masuk rekreasi Loji suaka Elang Bogor dengan harga Rp 20.000/orang.

Ongkos parkirkan untuk motor sejumlah Rp 30.000,

Ongkos parkirkan untuk mobil Rp 60.000.

Sarana Loji Suaka Elang Bogor

Loji Suaka Elang Bogor sediakan sarana yang cukup ideal, ingat tempat rekreasi ini bukan teritori rekreasi yang eksklusif. Pengunjung bisa dengan gampang menemui masjid, tempat parkirkan, toilet dan lain-lain.

Daya Tarik Loji Suaka Elang Bogor

Kandang Elang

Sesungguhnya, di Loji Suaka Elang Bogor ada tiga kandang yang ditujukan untuk merehabilitasi elang hasil sitaan atau serahan dari warga: Kandang Transit, Kandang Pemulihan, dan Kandang Display.

Tetapi, pengunjung cuman dibolehkan menyaksikan dan pelajari langsung sikap dan tipe elang di Kandang Display.

Elang di kandang. Gambar lewat: tirto.id Dua kandang yang lain jangan dijangkau secara bebas, terkecuali untuk riset dan semacamnya.

Kandang Display atau Sanctuary ialah tempat memuat elang yang tidak bisa kembali dilepaskan liar, walau sudah lewat proses pemulihan yang lumayan panjang. Biasanya dikarenakan oleh mereka telah tua, cacat tetap, atau hal-hal lain.

Dalam di Kandang Display berikut pengunjung bisa belajar berkenaan sangkut-paut kehidupan Elang dengan ditemani petugas. Pengunjung dapat saksikan secara langsung proses-proses pemulihan dikerjakan oleh petugas. Diantaranya, menyaksikan sikap elang waktu diberi pakan berbentuk beberapa ekor marmut.

Rimba Pinus

Di Suaka Elang Loji, pelancong bisa menemui rimba pinus yang bagus jika jadi sebgai spot untuk berpose.

Disamping itu pengunjung bisa nikmati segarnya udara ciri khas pohon-pohon pinus dengan ditemanai merdunya suara burung.

Di bawah teduh pinus. Gambar lewat: @faridshlSimak : Taman Bunga Celosia Riau di tengah-tengah kota

Jembatan Menggantung

Di posisi rekreasi ini ada jembatan menggantung yang dapat jadi sebagi spot untuk berpose. Jembatan ini bisa ditemui pengunjung saat sebelum bergerak ke tempat kemping.

Pengunjung bisa berdiri di tengah-tengah jembatan selanjutnya berpose, hasilnya pasti baik untuk kelak diupload ke media sosial.

Di jembatan ini juga pengunjung bisa menemui minimal lima sangkar burung elang. Saat melalui jembatan ini diinginkan supaya masih waspada, kemungkinan sebab umur, pada bagian-bagian terlihat kayu jembatan mempunyai beberapa lubang.

Walaupun keseluruhannya susunan jembatan masih kuat, tetapi tidak ada kelirunya berhati hati.

Curug Cibadak

Pelancong disugahken panorama curug Cibadak yang memotong teritori Suaka Elang Loji. Untuk pengunjung yang akan menyaksikan panorama curug cantik ini seharusnya waspada sebab jalur ke arah posisi sedikit licin.

Selanjutnya untuk pengunjung dianjurkan untuk bawa bekal khususnya air mineral sebab setelah tiba disitu pengunjung tidak menemui kedai0kedai penjual makanan.

Disamping itu pengunjung dapat rasakan kesegaran air curug ini dengan berenang di seputar kolam alami air terjun. Dan hati-hatilah saat berenang sebab kolam ini cukup lumayan dalam.

Camping Ground

Teritori rekreasi alam ini mengizinkan penghujung untuk bermalam dengan membuat tenda. Tetapi sebab tidak ada sarana persewaan tenda, pengunjung harus bawa sendiri peralatan yang diperlukan sepanjang kemping di posisi ini.

Kecuali tenda, untuk yang akan camping dianjurkan bawa Hammock. Lelah berkeliling-keliling di teritori rekreasi, kalian dapat menempatkan hammock antara pohon-pohon pinus di situ.

Istirahatkan kaki dnegan berbaring bergelantung antara 2 pohon pinus pasti benar-benar membahagiakan. Apa lagi pohon pinus di sini cukup meeting, hingga masih teduh walaupun pada siang hari.

Object Rekreasi Dekat Loji Suaka Elang Bogor

Bogor benar-benar kaya kan rekreasi alam yang cantik cantik, Jangankan tingkat kabupaten bogor, di darah kecamatan Cigombong saya, ada bermacam posisi rekreasi.

Tang pertama ada Danau Lindo. Danau Lido ada dalam suatu lembah Cijeruk dan Cigombong. Bila disaksikan di atas, Danau Lido seperti mangkok di kaki Gunung Gede – Pangrango.

Di dekat danau ini ada air terjun Curug Cikaweni yang menyalurkan air yang paling dingin di pundak Gunung Gede Pangrango.

Kecamatan Cigombong bahkan juga mempunyai air terjun. Diantaranya Air Terjun Ciawi Tali. Tinggi air terjun Ciawi Tali seputar 15 mtr., dengan debet air yang cukup deras.

Jumlahnya pohon-pohon kayu yang menjalar disekitar air terjun seperti tali, dapat digunakan oleh pelancong untuk bergelantung. Di sini pengunjung dapat berenang dan bermain air di bawah siraman air terjun.

Jadi, untuk anda yang tidak ada jadwal berlibur saat Pandemi, Bumi Perkemahan Suaka Elang bisa saja opsi pilihan untuk “pembalasan sakit hati” pada keterkungkungan di dalam rumah pada musim Wabah ini.