Tips Matematika

CARA BELAJAR MATEMATIKA

Matematika yakni salah satu pelajaran yang paling ditakuti siswa. Ya! Ini ada benarnya. Matematika dengan segudang rumusnya telah berubah menjadi menjadi sesosok horor di otak para murid. Hm, kira-kira ada apa enggak ya cara ampuh untuk mengusir hantu yang berjulukan Matematika itu?

Matematika yakni salah satu pelajaran yang paling ditakuti siswa Tips Matematika
Jangan khawatir…. Semua itu bisa sirna dengan cara berikut ini:

Ada satu anggapan lain bahwa kalau cerdik Matematika maka pelajaran yang lain dianggap pintar. Hehehe… Ini pandangan yang terlanjur mendarah daging dimana-mana. Padahal kesimpulan tersebut tidak selalu linear dengan apa yang terjadi di lapangan… Okelah, kita batasi topik kali ini pada bagaimana cara menjadi cerdik dalam hal Matematika.

Pertama, jangan pernah berfikiran bahwa kalian tidak bisa mengerjakan soal matematika. Karena begitu kita berfikir semacam itu, maka otak akan menutup dan menolak untuk diajak memakai kemampuan logika serta logika kita untuk mencari penyelesaian balasan yang akan kita cari. Percayalah dengan prinsip bahwa kalau kita mau kita niscaya bisa, atau dalam bahasa Inggris-nya berbunyi ibarat ini, “You can if you want” 🙂

Kedua, mulai berlatihlah dari hal yang kau anggap paling sederhana. Misalnya kuatkan kemampuan kalian menghitung aritmatika, 3+5=?, 5-7=?, 5-(-4)=?, 4×5=?, 56:7=?. Artinya apa? Kemampuan dasar yang wajib dipahami dalam matematika yakni operasi hitung penjumlahan pengurangan perkalian pembagian. Saya yakin seribu persen kalian bisa melewati tantangan tahap ini dengan senyuman. Lalu kembangkan kemampuan kalian pada operasi aljabar. Hitungan pada aljabar sama ibarat pada aritmatika, hanya saja satu hal yang berbeda dengan aritmatika hanyalah penambahan variabel yang dilambangkan dengan simbol, aksara (x, y, z, dll), sehingga hitungannya menjadi 5x+6x=? dst dst.

Ketiga, kalau langkah pertama kedua dan ketiga berhasil dilalui. Terus kembangkan sehingga terbentuk kemampuan logika dan penalaran. Contohnya ibarat ini, 12:x=6 artinya 12 dibagi berapa ya yang jadinya 6. Kaprikornus x=2.

Keempat, lanjutkan dengan konsep-konsep yang mulai sulit. Ingat mulai sulit. Kalau bisa pilih soal yang berbentuk Pilihan Ganda, atau Multiple Choice. Kenapa? Karena bentuk soal ibarat ini mempunyai 20% kecenderungan anda benar kalau balasan anda cocok dengan yang ada di jawaban. Dan kalau balasan anda tidak ada di soal, maka artinya kalian salah menghitung atau memakai rumus yang salah.

Kelima, jangan malu-malu untuk membaca. Artinya rajinlah membaca. Sekarang ini jaman internet. Semua isu tersebar begitu bebasnya dan kita bisa memperkaya wawasan kita.

Hm…. Silahkan dicoba lima langkah yang saya berikan… Semoga tips yang saya berikan bisa berguna…. Amin….